Kepoooin Nih

Friday, June 5, 2020

#RECOMENDED: 4 Film Bertema Rasisme Dengan Jalan Cerita Paling Epic dan Konflik Tergreget Versi Kepooo

Film merupakan media baru bagi orang atau kelompok untuk menyampaikan narasi terhadap suatu isu tertentu. Nggak cukup menghadirkan premis cerita yang menarik aja, beberapa film juga secara subtlety juga bertujuan untuk membawa kondisi emosional penonton pada level tertentu. Jalan cerita yang epic dan juga konfik yang bikin gregetan adalah beberapa faktor yang mempengaruhi penonton secara emosional. Berikut adalah film bertemakan rasisme dengan jalan cerita  yang epic dan konflik tergreget versi Kepooo

1. Green Book (2018)
Film bergenre drama-komedi ini mengangkat kisah biografis seorang musisi jazz klasik yang juga pianis dan komposer berdarah Afrika-Amerika, Donald Walbridge Shirley yang bersahabat dengan seorang berdarah Itali-Amerika, Frank Anthony Vallelonga, atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Tony Lip”. Dimulai dari tur yang dilakukan trio grup jazz, Don Shirley pada wilayah “Deep South” Amerika, Tony Lip dan Donald Shirley menjalin sebuah keterikatan emosional melalui kejadian-kejadian tak terduga selama tur. Tony yang sedari awal memiliki pandangan sinis terhadap orang-orang kulit hitam mencoba untuk "get along” dengan Don Shirley yang notabene adalah kulit hitam selama perjalanan dalam tur, hingga pada akhirnya kesinisan tersebut berubah setelah Tony mengetahui seperti apa hidup yang selama ini dijalani oleh seorang Don Shirley.

2. Detroit (2017)
Diangkat dari kejadian nyata pada insiden Algiers Motel selama kerusuhan Detroit tahun 1967, film yang mendapat reaksi positif para kritikus itu menangkap cerita tewasnya tiga orang warga sipil dan pelecehan sembilan orang lainnya disebuah Motel yang berjarak sekitar satu mil kearah timur dari lokasi kerusuhan Detroit kala itu oleh satuan pengaman kerusuhan yang dibentuk bersama-sama Departemen Polisi Detroit, Polisi Negara Bagian Michigan, dan Satuan Pengamanan Nasional Michigan. Insiden yang kuat dugaan terkait dengan isu rasisme, sebab menewaskan tiga remaja dan tujuh pria dewasa kulit hitam, kini terekam abadi dalam film Detroit.

3. Fruitvale Station (2013)
Tragedi penembakan Oscar Grant warga Amerika berkulit hitam di salah satu stasiun transit kereta bawah tanah distrik Fruitvale, Oakland diadaptasi menjadi cerita layar lebar dengan ditulis dan disutradarai oleh Ryan Coogler. Film yang mengambil sudut pandang pada hari terakhir dalam hidup seorang Oscar Grant sebelum tertembak fatal salah seorang petugas kepolisian di stasiun transit kereta bawah tanah tersebut, mengawali debutnya di Festival Film Sundance tahun 2013 dengan judul asli Fruitvale, film ini berhasil meraih Penghargaan Utama dan Penghargaan Audiens untuk Film Drama Amerika.

4. The Help (2011)
Berfokus pada cerita tentang hubungan seorang gadis muda kulit putih, yang juga seorang “Journalis Wannabe”, Eugenia Phelan (Skeeter) dengan dua orang pelayan berkulit hitam, Aibileen Clark dan Minny Jackson di tengah bergejolaknya gerakan massa Amerika Serikat yang dimotori penduduk berdarah Afrika-Amerika untuk menuntut keadilan terhadap diskriminasi ras pada tahun 1963. Film yang sukses dari segi komersil maupun kritik ini diadaptasi dari karya novelis amerika, Kathryn Stockett dengan judul yang sama.

Film apa yang paling kalian sukai, Sob? (WF)

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe