Kepoooin Nih

Monday, May 6, 2019

Biar Gak Boros, Ini Tips Mengatur Uang di Bulan Ramadhan

Ga kerasa udah bulan puasa aja nih Sob. Pasti kalian yang beragama Islam puasa kan? Pastinya di pulan puasa ini pengeluaran kita lebih besar dari bulan-bulan biasanya. Biasanya jarang beli sop buah, gorengan dan sirup, sekarang jadi hampir setiap hari beli. Hasilnya saat Lebaran nanti BB bertambah deh. hehe..
                              
Bulan puasa identik dengan bulan yang banyak jual makanan enak-enak dan harga-harga juga biasanya pada naik. Tapi Sobat Kepooo juga harus pintar kelola isi dompet dong.. Nih Mimin kasih tipsnya.

1. List Kebutuhan
source: homeheaven

Sebelum ke supermarket, mini market atau pasar, dilist dulu barang apa saja yang lo mau beli Sob. Sesuaikan juga dengan budget. Kalau ga dilist, sampe tempat pasti kalian beli yang lainnya. Niatnya beli beras di mini market, eh malah beli Kinder Joy 3 lusin untuk stock takjil satu bulan puasa. hahaha.. mana kenyang..

2. Belanja Sendiri
source: pngdownload

Untuk Sobat yang sudah berumah tangga dan punya anak, mending belanja sendiri saja deh. Kalau bawa anak pasti minta jajan beli ini-itu. Over budget bisa bikin pusing di akhir bulan nantinya. Jangan belanja sama pacar juga.. U KNOW LAH.. Apalagi sama pacar tetangga, jangan! Bisa perang sesama kampung, Sob. hahaha..

3. Jadi Takjil Hunter
source: kabarmakkah

Ini sih tips ampuh khususnya Sobat Kepooo anak kost yang kuliah di luar kota. hehe.. Mulai sekarang keliling gih Sob, cari info Masjid dan Musholla mana saja yang ngadain bukber dan nyediain takjil gratis. Kan lumayan ga usah beli sop buah, dompet tipis pun tetap bisa buka puasa.. hahaha..

4. Masak Sendiri
source: istock

Kalau dihitung-hitung, masak sendiri lebih murah daripada beli, Sob. Ya.. kalau Sobat benar-benar sibuk ga ada waktu untuk masak buka puasa dan sahur sih mau ga mau harus beli siap makan. Tapi sesekali saat hari libur bisa kan Sob. Selain hemat pengeluaran, terjamin juga kualitas makanan yang kita makan. Tanpa bahan pengawet, MSG, etc.

5. Cari Diskonan
source: shutterstock

Bukan cuma emak-emak, cari diskonan udah aktivitas wajib anak muda dan milenial Indonesia. Apalagi ditambah gratis ongkir. hahaha.. ngaku aja deh Sob.. Beli-belian untuk bahan makanan takjil dan sahur, sering-sering cari info diskonan di minimarket atau supermarket. Untuk urusan pakaian, bisa tuh cari diskonan di market place atau toko-toko online kesayangan Anda. Apalagi banyak promo diskonan dan gratis ongkir di bulan puasa. hehe..

Jangan sampe bulan puasa malah kehabisan uang gara-gara setiap hari beli-belian makanan ya Sob. Di bulan puasa ini Sobat harus pinter mengatur keuangan, supaya keuangan cukup, ibadah juga jadi khusyu. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk Sobat Kepooo yang menjalankannya ya.. J (SB)

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe