Kepoooin Nih

Friday, July 6, 2018

Alasan Susu Kental Manis Bukan Susu dan Kurangi Konsumsinya!

Beberapa hari kemarin Indonesia dihebohkan meninggalnya 4 anak kecil di Sulawesi setelah minum Susu Kental Manis yang sebelumnya mengalami sakit terlebih dahulu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah menyatakan Susu Kental Manis bukanlah susu formula dan pemenuhan gizi sehari-hari yang dibutuhkan tubuh apalagi dikonsumsi oleh anak-anak. BPOM juga mengatakan, SKM adalah subkategori dari susu dan olahannya, bukan termasuk jenis susu..

Nih Sob beberapa alasan SKM bukan ‘susu’ dan gak layak untuk dikonsumsi setiap hari.. Cekibrot..

1. Mengandung Gula Tinggi
source: baldatuna

Namanya saja sudah ‘manis’, pastinya ada kandungan gulanya. Tapi tahu gak Sob, ternyata dalam satu kaleng SKM mengandung lebih dari 40% gula. Isshh.. tuh kan. Berati kalian tuh bukan minum susu tapi makan gula yang berlebihaan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalian tau kan Sob efek mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebihan dan itu dikonsumsi secara rutin? Yaps, Sobat bisa terkena diabetes dan obesitas (gendut) nanti. Waduduh.. jangan sampe deh L

2. Proteinnya Sedikit
Sejak TK atau SD pasti Sobat diajarkan 4 Sehat 5 Sempurna, kan? Nah.. yang ke-5 ini adalah susu sebagai tambahan protein hewani dan kalsium yang sangat baik untuk tulang kalian. Tapi ternyata Sob, minuman itu  dikategorikan sebagai susu kata BPOM adalah kadar lemak susu gak kurang 8% dan kadar protein gak kurang dari 6,5% (untuk plain). Sedangkan SKM? Kurang dari itu.

3. Untuk Campuran Makanan
source: IStock

Nah.. SKM sebenarnya bukan susu yang diminum sehari-hari, tapi untuk campuran makanan atau toping. Contohnya untuk campuran martabak, roti, kopi, teh, coklat atau untuk toping es kepal. Duh Mimin malah jadi ngomongin makanan dan minuman nih. Jadi laper.. hehehe.. Tapi inget ya Sob, takarannya jangan berlebihan dan jangan dikonsumsi rutin. Kandungan gulanya sangat tinggi..

4. Gak untuk Balita
source: rayapos

Usia anak balita (di bawah lima tahun) seharusnya membutuhkan gizi yang cukup, salah satunya dari susu. Tapi kalo yang dikonsumsi SKM, bukannya sehat malah adik-adik kita atau anak Sobat jadi sakit. Dengan kandungan gula yang sangat tinggi, menjadikan balita jadi obesitas, beresiko mengidap diabetes pada masa dewasa, anak jadi kurang kalsium dan nutrisi dan tentunya gigi mereka jadi cepat kropos karena kandungan gulanya yang sangat tinggi pada SKM itu, Sob.

5. SKM Buka untuk Diseduh
source: squarespace

Dari alasan di atas, Sobat pasti udah bisa nyimpulin kalo SKM itu bukan susu yang sebenarnya, mengandung gula yang sangat tinggi dan proteinnya rendah. So.. tentunya SKM bukan untuk dikonsumsi setiap hari yang biasanya diseduh seperti susu bubuk. BPOM juga sudah melarang produsen SKM mengiklankan produknya dengan visual atau menggambarkan bawa SKM disajikan dengan cara diseduh dalam gelas layaknya susu.

Mimin sih bukan ngelarang kalian konsumsi SKM, Sob, tapi kurangin. Dan jangan jadikan minum SKM setiap hari layaknya minum susu. Karena beberapa alasan yang udah Mimin bahas di atas, SKM bukan lah susu yang sebenarnya dan mengandung gula yang sangat tinggi. Ishh.. Gimana menurut kalian, Sob? (WF)
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe