Kepoooin Nih

Tuesday, December 12, 2017

Harbolnas, Ini Tips Supaya Gak Kalap Belanja Online

Hari ini merupakan event tahunan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), hari dimana banyak para shopaholic online bisa mendaptkan harga barang yang dibelinya dengan harga terjangkau dari harga normal pada hari biasa. Bukan hanya satu hari saja, banyak e-commerce yang menggelar Harbolnas selama lima hari bahkan satu minggu.

Harbolnas diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012 melalui inisiatif dari Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak. Kini memasuki tahun keenam, Harbolnas diikuti ratusan perusahaan e-commerce terkemuka nasional dan menarget perputaran uang miliaran rupiah.

Bagi Sobat Kepooo yang hobi belanja online, Mimin kasih tips nih supaya kalian gak kalap dalam berbelanja. Disimak yaks, cekibrooott..

1. Pikirkan Dulu
Sebelum beli barang, pikirin dulu apa saja yang mau dibeli. Sobat jangan buka e-commerce tapi bingung mau beli apa aja. Kek Sobat datang ke clothing atau distro tapi cuma liat-liat aja buat apa? Seenggaknya minimal udah ada satu yang mau dibeli. Harusnya jauh-jauh hari sebelum Harbolnas Sobat udah buka-buka beberapa e-commerce cari referensi barang mana aja yang mau dibeli. Save link atau dibookmark, supaya nanti tinggal dibuka di peramban/browser saat Harbolnas.

2. Beli Barang yang Urgent
Meskipun Sobat banyak uang, tapi jangan kalap juga semua barang yang gak urgent atau dibutuhkan dibeli juga. hehe.. Utamakan beli barang yang sangat dibutuhkan dan barang yang kemudian hari bakal dibutuhkan. Contohnya beli semua smarthphone semua merek. hehehe.. Kecuali kalo Sobat ingin menjual smartphone lagi, a.k.a mamang konter HP. hehehe..

3. Bandingkan Harga antar E-Commerce
Ini juga harus dicermati Sob. Gak ada salahnya Sobat membandingkan barang dengan merek dan tipe yang sama, antara satu e-commerce dengan e-commerce yang lain. Tapi kalian harus jeli juga apakah barang tersebut baru atau second. Tentunya harga barang baru dengan second harganya beda ya Sob.

4. Cari yang Gratis Ongkir
Hampir semua e-commerce yang ikutan Harbolnas memberikan gratis ongkos kirim (ongkir) untuk konsumen yang ditanggung oleh perusahaan e-commercenya. Lumayan lah kalau Sobat rumahnya di Merauke belanja online dan sellernya di Sabang, irit berapa ratus ribu tuh ongkirnya. hahaha.. Manfaatin aja event Harbolnas ini, Sob.


5. Cari yang Bisa Nego Harga
Karakter orang Indonesia, beli sayur juga dinego atau ditawar terutama sama kaum emak-emak. Bener kan? hehehe.. Belanja online ditawar? Yang bener, min? Iyalah. E-commerce zaman now banyak banget program yang variatif, Sob. Contohnya Bukalapak harga barangnya bisa dinego kalo kalian berutung. Lumayan kan belasan sampe puluhan ribu bahkan ratusan ribu bisa mendapatkan barang lebih murah?

6. Punya Uang
Kalo e-commerce udah ngasih gratis ongkir ditambah bisa nego harga, tapi uangnya gak punya, buat apa? hahaha.. Zaman now belanja online yang gratisan mana ada, Sob? kencing aja bayar 2000. hahaha..

So, Sobat mau beli barang apa nih Harbolnas sekarang? Mau beli apa aja boleh.. tapi inget, jangan kalap ya Sob.. hehehe.. (SB)

picture source: harbolnas.com
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe