Kepoooin Nih

Friday, November 3, 2017

Rahasia Sobat Membuka Usaha Clothing

Menjelang event festival clothing pertama dan terbesar di Kota Cilegon, Cilegon Cloth Festival pada 29 November hingga 3 Desember 2017 di Lapangan Bonakarta, Cilegon, puluhan brand clothing antusias mendaftar untuk mengikuti event tersebut. Tidak ketinggalan brand clothing dari pinggiran Cilegon, Andreas Cloth yang berlokasi di Anyer ikut serta.

Andreas Cloth berawal dari keisengan membuat beberapa Tshirt anak muda dengan desain sendiri kemudian menawarkan ke teman-teman dekat dan banyak orang-orang memberikan saran untuk membuka usaha clothing, akhirnya Andreas membuka usahanya.
“Lama kelamaan makin berkembang dan memperluas produksi bukan kaos saja. Seperti cap, bracelet, denim, jaket dll,” ujar Halim, Marketing Andreas Cloth.

Berawal dengan tema desain ruster dengan ciri khas banyak gambar dan warna, Andreas Cloth berkembang dengan berbagai tema desain lainnya mengiringi tren di pasaran fashion kids zaman now. hehehe.. Selain itu Andreas merintis bekerjasama dengan konveksi di Bandung, kini Andreas memiliki konveksi sendiri sehingga dapat menjaga kualitas produksinya.
“Naik turun (penjualan) sih Kang, arane geh dagang. hehehe.. Tertinggi kita pernah sampai keluar 800 pcs, yang terendah 100 pcs per bulan. Kalo penjual kita rame di Bulan Ramadhan, Kang,” kata Halim.

Produk-produk Andreas Cloth menggunakan teknik dan tinta sablon discharge yang umumnya dipakai bran-brand clothing kota besar. Andreas Cloth digandrungi anak-anak muda dari rentang usia 14 hingga 24 tahun.
Sementara itu, Rindu Firdaus selaku pengusaha konveksi mengatakan, brand-brand clothing pada umumnya menggunakan tiga teknik dan tinta, yaitu ruber, plastisol, super white/discharge. Perbedaannya ruber dan super white berbahan tinta air serta plastisol berbahan minyak,

“Ruber, super white/discharge keunggulannya lebih awet, tahan dicuci dan disetrika, sedangkan super white tidak tahan dicuci dan disetrika meskipun tintanya menyerap ke pori-pori dalam kain. Kalo ruber kelemahannya warna cenderung redup,” kata Firdaus.
Firdaus menambahkan, untuk mendapatkan hasil terbaik, dari jenis tinta sablon clothing, ruber harus dikeringkan menggunakan hair dryer +/- 80% setelah disablon, kemudian dipress menggunakan hot press bersuhu 160 derajat celcius dengan durasi 10-15 menit.

Kemudian plastisol pengeringannya disarankan menggunakan mesin kuring atau hotgun lalu di press dengan hot press. Untuk discharge disarankan menggunakan odoless 0,5% per 1 kg tinta lalu dipress dengan hot press, sedangkan super white tidak berbeda dengan ruber.
source: berkaos

Firdaus menyarankan, para pengusaha clothing mengetahui dan mengerti semua proses sablon dan bahan pakainnya sehingga tercipta kualitas yang bagus dan baik. (SB)

header picture source: kaosdistroku
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe