Kepoooin Nih

Tuesday, November 7, 2017

Jerit Sayu Classic Rock di Banten

Di yang era modern ini, genre musik classic rock seakan hanya dinikmati beberapa kalangan saja, dikarenakan tekanan dan tuntutan para musisi yang harus mengikuti pasar dan trend yang ada. Padahal apabila kita melihat ke masa lalu, sebenarnya genre musik yang identik dengan teknik vocal yang tinggi dan sulit ini, merupakan genre musik yang sangat berpengaruh pada perkembangan era musik rock modern.

Tercatat berbagai musisi besar dunia yang sangat berpengaruh pada era musik rock modern sekarang ini, seperti Deep Purple, White Lion, Guns N’ Roses, Cinderella, Led Zeppelin dan masih banyak lagi. Tentu kita juga tidak bisa melupakan konstribusi musisi lawas seperti The Beatles, The Tielman Brothers, Elvis Presley, dan lainnya karena antara genre musik blues, rock and roll dan classic rock semuanya saling berhubungan“ ujar Dovhie, Letter Rock.
Genre musik classic rock tetap bisa dinikmati karena laki banget dan terlihat gahar, serta sudah banyak cafe yang memainkan live musik classic rock. Genre musik classic rock seakan membawa kita kembali bernostalgia pada masa kejayaannya sekitar tahun 70-80an. Di Indonesia terdapat berbagai musisi besar yang memainkan musik classic rock, seperti Slank, Edane, Power Slave, Boomerang, /Rif, dan masih banyak lagi serta musisi lokal Serang dan Cilegon Letter Rock dan B-Circle.

Kita semua tentunya tidak mempungkiri perubahan waktu, begitupun musik rock. Apakah perbedaannya classic rock dan modern rock itu? Perbedaan yang sangat terlihat tentunya dari fashion. Pada era tahun 70-80, musik rock atau yang sekarang ini kita sebut classic rock identik dengan fashion hippie, karena mencerminkan kebebasan. Namun sekarang ini lebih fashion glam atau gahar seperti pakaian serba hitam.
Yang paling terasa perbedaan musik genre classic rock dan rock modern tuntunya dari sound dan efeknya. Genre musik classic rock cenderung menghasilkan sound yang lebih simple karena memakai efek langsung dari amplifer dan lebih crunch, sedangkan genre musik modern rock lebih mengkombinasikan dengan berbagai genre lainnya serta tidak melupakan estetika pentatonicnya.

Ada berbagai hal yang membuat genre classic rock tetap memiliki penggemar setia bahkan memunculkan komunitas-komunitas pencinta dan koleksinya, yah itu karena penciptaan lagunya yang dibuat sedetail mungkin, tidak memperdulikan keadaan pasar bahkan cenderung melawan arus dan musisi classic rock dahulu melakukan rekaman musik secara live dan apabila melakukan kesalahan maka akan diulang proses rekaman lagunya dari awal kembali.
Perkembangan genre musik classic rock khususnya di Cilegon dan Serang bisa disebut berada pada zona nyamannya dan lebih mudah dinikmati dalam lingkup komunitas. Terdapat berbagai komunitas yang menjadi tali penghubung antar pecinta genre musik classic rock, diantaranya Edane Freaks, PMRC, Jamrud Fans, Boomers Cilegon dan masih banyak lagi.

Letter Rock yang digawangi oleh Dovhie Bagas, Bang Bocit dan Dendi Prasetyo sebagai salah satu band lokal Cilegon yang tetap konsisten bermain musik dengan genre classic rock yang dikombinasikan dengan rock n’ roll, ingin membagikan cerita perjalanan bandnya yang melawan arus dan berbeda dari band-band lokal lainnya. Sebagai sebuah band yang telah melalang buana dengan genre classic rock dan digawangi oleh Bagas Dovhie, Bang Bocit, Dendi Prasetyo selama 4 tahun bukanlah perkara mudah.
“Letter Rock termotivasi oleh banyak band, diantaranya GNR, Bon Jovi, White Snake, White Lion, The Beatles dengan mengkombinasikan genre rock and roll,” tambahnya.

Dovhie menambahkan, Letter Rock ingin menunjukkan dan kreativitas dengan music classic rock. Letter Rock berpesan kepada seluruh band untuk konsisten di jalurnya masing-masing dan saling support. Untuk mencari eksistensi, doa orang tua dan rambut panjang itu sangat diperlukan.

Nah Sobat Kepooo, kalian kangen dengerin musik bergenre classic rock? Tunggu aksi Letter Rock di Cilegon Cloth Festival pada 29 November – 3 Desember 2017 di Lapangan Bonakarta (Bona), Cilegon. (RF)
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe