Kepoooin Nih

Wednesday, August 16, 2017

Taman Iqra Hadir Untuk Meningkatkan Minat Membaca Anak-anak Cikumbueun

Pembukaan Rumah Baca Taman Iqra pada Selasa, 15 Agustus 2017 siang menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu anak-anak Cikumbueun. Sebab sebelumnya belum pernah ada program serupa di desa ini. Karenanya rekan panitia Mari Mengajar 6 berinisiatif memberikan ruang bagi anak-anak desa Cikumbueun khususnya Kampung Ramea Pasir untuk dapat mengeksplor pengetahuan di luar pelajaran sekolah mereka.

Bertempat di Posyandu Mawar 2 Kecamatan, Kampung Ramea Pasir, Desa Cikumbueun, Kecamatan Mandalawangi, pembukaan Taman Iqra dihadiri salah seorang tokoh masyarakat yakni Bapak Dasih Nur Hasan selaku MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) lingkungan setempat. Diawali sambutan dari Siti Amelia Sofi selaku Vice Project Officer Mari Mengajar 6. Pembukaan Taman Iqra berjalan lacar beriringan dengan antusiasme anak-anak yang berbaris di halaman posyandu.
"Terimakasih kepada Bapak Nur Hasan yang telah menyediakan tempat untuk dijadikan rumah baca Taman Iqra, juga untuk semua rekan-rekan yang terlibat baik dari panitia ataupun volunteer. Saya berharap nantinya penduduk desa akan bersama-sama merawat rumah baca Taman Iqra ini," ujar Dasih.

Keberadaan Rumah Baca Taman Iqra ini nantinya akan memiliki peran penting dalam meningkatkan minat membaca anak-anak Cikumbueun. Sebab umumnya para orang tua di desa ini masih kesulitan memberikan buku untuk bahan bacaan anak-anak mereka.
Selain buku-buku bacaan anak, Rumah Baca Taman Iqra menyediakan berbagai mainan yang dapat digunakan untuk melatih fungsi gerak motorik serta pola berpikir anak-anak supaya mereka dapat tumbuh menjadi anak yang aktif dan kreatif.

Taman Iqra juga memperbolehkan anak-anak meminjam buku yang mereka suka sebagai bahan belajar ketika mereka dirumah. Dengan penyerahan buku secara simbolis pada Nur Hasan selaku tokoh masyarakat setempat, maka Rumah Baca Taman Iqra telah resmi dibuka dan mulai dapat dikunjungi anak-anak Kampung Ramea Pasir. Bapak Nur Hasan mengungkapkan kesannya terhadap kehadiran rumah baca Taman Iqra,
"Saya bangga, karena kalau saya yang mengimbau mungkin anak-anak kurang semangat seperti sekarang ini, mungkin paling banyak 4 atau 5 anak. Tapi dengan adanya kakak-kakak ini alhamdulillah mereka keliatan antusias," ungkapnya.

Selain itu beliau juga menyampaikan harapan untuk Taman Iqra di waktu yang akan datang. "Mudah-mudahan bermanfaat, dan pendidikan bisa masuk ke anak-anak dengan baik. Karena namanya di desa pasti butuh sekali pendidikan baik umum ataupun agama. Saya juga berharap saat kakak-kakak pulang minat belajar anak-anak tidak menurun," tambahnya.
Untuk melihat rangkaian kegiatan Mari Mengajar 6, silahkan follow Instagram @marimengajar atau bisa terus kunjungi kepooo.id dan follow semua sosmednya. (WF)
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe