Kepoooin Nih

Tuesday, August 15, 2017

Menguatkan Semangat Nasionalisme Anak-Anak Cikumbueun Melalui Pesta Rakyat HUT RI ke-72

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, kali ini jajaran panitia Mari Mengajar 6 berinisiatif membuat pagelaran Pesta Rakyat yang terdiri dari berbagai macam perlombaan dan bazar. Kepada Kepooo.id, Sutrani Rachmawati selaku PO Mari Mengajar 6 (MM6) menjelaskan MM6 ini digelar sekalian untuk mempertingati HUT RI yang jatuh beberapa hari lagi.

"Jadi pesta rakyat ini awalnya memang untuk 17 Agustus, sekalian memperingati hari kemerdekaan. Tujuannya untuk memberi suasana meriah dilingkungan setempat karena Desa Cikumbueun sendiri memang jarang banget bikin kegiatan kaya gini," ujar Sutrani.
Kegiatan semacam ini memang perlu dilakukan untuk kembali menguatkan semangat nasionalisme anak-anak di Desa Cikumbueun, melalui berbagai macam perlombaan mereka diharapkan dapat membentuk pola pikir lebih dewasa dalam menghadapi dunia yang kompetitif serta tidak melupakan nilai-nilai perjuangan yang dibawa para pendahulu mereka untuk memerdekakan Indonesia.

"Kegiatan ini emang jadi salah satu agenda kita, jadi pesta rakyat ini adalah cara kita mengedukasi masyarakat soal nasionalisme. Kita juga berharap ini bisa jadi salah satu alternatif dalam menjalin silaturahmi antara rekan-rekan Mari Mengajar 6 dengan warga setempat," tambahnya.
Kemeriahan Pesta Rakyat HUT RI ke 72 tentu melibatkan banyak pihak di baliknya, termasuk tokoh masyarakat dan pejabat desa setempat. Mereka ikut berperan dalam membantu memberitahukan tentang kegiatan Pesta Rakyat ini. Para warga juga antusias mengikuti serangkaian perlombaan pun turut menambah kemeriahan Pesta Rakyat itu sendiri.

"Untuk kegiatan ini tentu semua pihak terlibat terutama perangkat desa, karena perangkat desa ini yang membantu secara teknis terkait penyebaran informasi di lingkungan masyarakatnya. Dan untuk partisipannya itu dari warga," kata Sutrani.
Dua lokasi dipilih sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan Pesta Rakyat, yaitu SDN Cikumbueun 2 dan 3. Pembagian tempat dilakukan atas permintaan Sekdes Cikumbueun, adapun waktunya adalah pukul 08.00-12.00 WIB di SDN Cikumbueun 2 lalu dilanjutkan di SDN Cikumbueun 3 pukul 13.00-17.00 WIB.

"Pesta Rakyat ini sebenarnya untuk satu hari full, karena Sekdes minta diadakan di dua tempat berbeda jadi waktunya dibagi masing-masing setengah hari. Tempat yang dipilih adalah SDN Cikumbueun 2 untuk jam 8 sampai jam 12 dan SDN Cikumbueun 3 untuk jam 1 sampai jam 5 sore," ungkapnya.
Kegiatan Pesta Rakyat HUT RI ke 72 ini memiliki dua agenda utama yaitu perlombaan dan bazar. Perlombaan yang diadakan panitia terdiri dari lomba balap kelereng, balap karung, memindahkan karet gelang, lomba bola pingpong, lomba jepit balon, lomba tarik tambang, dll. Tiap perlombaan diambil 3 pemenang, yaitu juara 1, 2, dan 3. Disela-sela perlombaan panitia seringkali mengadakan doorprize bagi tiap warga yang telah dibagikan kupon bernomor, sedangkan bazar dilakukan rekan-rekan panitia untuk menjual pakaian bekas yang masih layak pakai dengan harga murah dari rentang harga Rp.1000 sampai Rp.10.000 saja. Pendapatan dari bazar itu sendiri nantinya akan digunakan kembali untuk keperluan kegiatan lain dalam program Mari Mengajar 6.

"Agenda kegiatan Pesta Rakyat ini dibagi jadi dua, yaitu perlombaan dan bazar. Perlombaan yang diadakan terdiri dari berbagai macam jenis. Sasarannya mengutamakan volunteer MM6 dan selebihnya untuk partisipan warga sekitar. Nilai-nilai dari perlombaan yang diadakan mengisyaratkan masyarakat untuk menjadi lebih percaya diri. Sedangkan untuk bazar panitia berharap agar pesan bahwa segala sesuatu yang kita inginkan diperlukan sebuah usaha yang pantas," tambah Sutrani.
Selain itu, pada Senin 14 Agustus 2015 kemarin juga diadakan Kelas Inspirasi yaitu kegiatan memperkenalkan berbagai prosfesi seperti TNI/POLRI, Guru, Dokter, Perawat dan juga Pengusaha kepada adik-adik di SDN 3 Cikumbueun untuk memberikan inspirasi cita-cita mereka ke depan.

Setelah selesai segala rangkaian acara dalam kegiatan Pesta Rakyat HUT RI ke 72 seluruh rekan panitia pun melakukan evaluasi ulang untuk meninjau kembali segala kekurangan yang terjadi.

Untuk memantau segala kegiatan Mari Mengajar 6 silahkan follow Instagram mereka @marimengajar atau bisa kunjungi terus kepooo.id dan follow tiap sosmednya. (WF)
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe