Kepoooin Nih

Sunday, August 20, 2017

Mari Mengajar 6 Menginspirasi Lewat Profesi di Kelas Inspirasi

Mari Mengajar 6 (MM6) tahun ini menghadirkan satu program baru yaitu Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi adalah kelas ekstra gagasan Project Social Mari Mengajar 6, dilaksanakan oleh para Volunteer untuk mengedukasi anak-anak tentang berbagai profesi yang belum mereka ketahui melalui peran sebagai orang dengan profesi terkait.

Selain itu Kelas Inspirasi juga dihadirkan untuk memberikan inspirasi cita-cita ke depannya kepada peserta didik di sekolah-sekolah yang dikunjungi.

Tiga sekolah dasar di Desa Cikumbueun terpilih untuk secara bergantian dihadirkan Kelas Inspirasi, yakni SDN 1 Cikumbueun, SDN 2 Cikumbueun dan SDN 3 Cikumbueun.
Durasi Kelas Inspirasi untuk masing-masing sekolah adalah kurang lebih 1 jam, dengan 2 orang role play di setiap kelasnya. Kelas Inspirasi mulai efektif dijalankan sejak hari Senin, 14 Agustus 2017 dimulai dari SDN 3 Cikumbueun.

Rijal Noor Al-Ghiffari selaku penanggung jawab Project Social Mari Mengajar 6 menjelaskan detail program Kelas Inspirasi kepada kepooo.id.

"Karena warga di sini sebagian besar berprofesi sebagai petani dan yang melanjutkan pendidikan sampai jenjang SMA ataupun perguruan tinggi masih jarang. Jadi dengan adanya Kelas Inspirasi diharapkan dapat mengedukasi mereka bahwa ada profesi selain yang mereka tau seperti guru atau kyai sehingga mereka bisa memiliki cita-cita tinggi misalnya jadi presiden, polisi, tentara, dokter, bidan, perawat supaya mereka aware bahwa memiliki cita-cita itu penting," ujarnya.
Kelas Inspirasi diharapkan memberikan pengaruh supaya peserta didik memiliki dampak positif pada anak-anak Desa Cikumbueun khususnya murid-murid Sekolah Dasar tempat para Volunteer mengajar.

"Dalam Kelas Inspirasi awalnya anak-anak masuk kelas, di dalam ada penanggung jawab kelas dan ada role play pemeran orang dengan profesi yang akan diperkenalkan. Mekanismenya, penanggung jawab kelas masuk lebih dulu memberikan pembukaan dengan berkenalan lalu bertanya apa cita-cita murid. Selanjutnya role play masuk untuk menjelaskan kewajiban dari profesi yang diperankan. Apa tanggung jawabnya, haknya, setelah itu penanggung jawab kelas membimbing murid untuk menggambar apa cita-cita mereka agar mereka bisa terus ingat apa cita-citanya," tambah Rijal.

Inisiatif rekan-rekan panitia Mari Mengajar 6 khususnya bagian Project Social ternyata bertimbal balik dengan antusiasme para murid, beberapa murid yang pada awalnya kurang memiliki motivasi dalam diri mereka mengalami perkembangan setelah mengikuti Kelas Inspirasi. Hal tersebut dapat dinilai dari keberanian untuk mengatakan apa cita-cita mereka, sebab sebelumnya bila ditanya soal cita-cita mereka hanya akan tersenyum dan menjawab tidak tau.
Rijal sendiri berharap bahwa setelah mengikuti Kelas Inspirasi anak-anak menjadi pribadi dengan cita-cita yang mulia. Ia juga berharap kelak mereka dapat menjadi orang hebat yang mampu membangun Desa Cikumbueun agar menjadi desa maju, mandiri, dan setara dengan desa-desa lain.

Sementara itu Yudi, salah satu guru memberikan tanggapan positif terhadap program Kelas Inspirasi Mari Mengajar 6 ini.

"Kelas Inspirasi Mari Mengajar 6 sudah bagus, paling tidak ada motivasi yang diberikan untuk anak-anak sehingga mereka berani menggantungkan cita-cita setinggi langit walaupun nanti kenyataannya akan berbeda. Tapi nilai keberanian yang tertanam diusia dini sangat patut diapresiasi," katanya.

Rangkaian kegiatan lengkap Mari Mengajar 6 bisa dilihat melalui Instagram @marimengajar dan kepooo.id (WF)
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe