Kepoooin Nih

Saturday, August 26, 2017

Kenapa 17 Agustus Diramaikan dengan Perlombaan? Ini Filosofinya

Masih dalam suasana bulan kemerdekaan, Sobat pernah berpikir gak sih kenapa setiap Hari Kemerdekaan negara kita di kampung dan kota pasti dirayakan dengan perlombaan? Seperti lomba makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, panjat pinang, dll. Apa maksud dan folosofinya? Mimin susah mencari jejak sejarah sejak kapan, siapa dan dimana perayaan kemerdekaan negara kita dirayakan dengan perlombaan. Tapi Mimin kasih tau nih beberapa filosofi perlombaan tersebut yang berhubungan dengan kemerdekaan negara kita tercinta.

1. Keluar Rumah dan Gak Takut
Dahulu saat masa penjajahan, rakyat Indonesia selalu takut untuk keluar rumah karena bertemu dengan siksaan penjajah. Terutama rakyat kaum wanita, anak-anak, manula yang memilih untuk bersembunyi di rumah. Setelah merdeka, dengan diadakan perlombaan di mana-mana, menjadikan rakyat gak takut lagi keluar rumah dan mengikuti perlombaan yang menggembirakan.

2. Berani Bertaruh Malu (Darah dan Nyawa) untuk Meraih Juara (Kemerdekaan)
Kalo dulu para pahlawan kita berani bertaruh darah dan nyawa, kini kita sebagai pemuda yang tinggal mengisi kemerdekaan ini masak harus malu mengikuti perlombaan? Gak maen Sob.. Tubuh berlumur oli ikut panjat pinang, dulu pahlawan berlumur darah hingga menaruhkan nyawanya. Tangan, kaki dan lutut berdarah karena jatuh akibat ikut balap karung, tarik tambang, sandal bakiak, dulu kaki dan tangan pahlawan rela berdarah ditembus peluru penjajah.

3. Rakyat Kompak Merebut Juara (Kemerdekaan)
Perlombaan seperti panjat pinang, tarik tambang dan sandal bakiak yang memerlukan kerjasama grup atau kelompok difilosofikan sebagai bentuk kerjasama rakyat Indonesia dahulu berjuang bersama dengan taruhan darah dan nyawa melawan penjajah dari ibu pertiwi. Tak peduli apapun suku, agama, ras dan etnis rakyat, kita dulu berjuang bersama bergerilya 24 jam melawan penjajahan yang menyengsarakan rakyat Indonesia. Tanpa kekompakkan, mustahil negara kita meraih kemerdekaan.

4. Ungkapan Suka Cita dan Syukur
Ketika Sobat atau grup Sobat dalam perlombaan tersebut juara, sudah pasti merasa senang dan bersyukur karena meraih hadiah kan? Begitu juga dulu saat 17 Agustus bapak dan ibu pahlawan kita memproklamirkan kemerdekaan negara yang kita cita-citakan ini. Dan hadiah itu berupa kemerdekaan negara yang terbebas dari belenggu penjajahan selama ratusan tahun dulu.

5. Hadiahnya Berguna
Dari hadiahnya pun sangat berguna. Seperti hadiah untuk kategori anak-anak biasanya diberikan buku, pulpen, pensil, penghapus dan kaos kaki untuk adik-adik kita gunakan bersekolah. Dulu boro-boro Sob mau beli alat sekolah tersebut, sekolah saja sangat jarang ada, hanya untuk kaum tertentu dan kita dilarang bersekolah bahkan kuliah oleh penjajah.

Tuh Sob beberapa filosofi kenapa hari kemerdekaan 17 Agustus di negara kita dirayakan dengan perlombaan.. Masih malu atau takut panas ikut perlombaan? hehehe.. Selamat untuk Sobat Kepooo yang mendapat juara perlombaan di lingkungan rumahnya. MERDEKA...!!! (SB)

picture source: harian riau Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe