Kepoooin Nih

Wednesday, August 30, 2017

Atlet Indonesia Selalu Nangis Ketika Menyanyikan Lagu Kebangsaan, Ini Alasannya

Beberapa pemain timnas sepakbola Indonesia U-22 menangis saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan jelang melawan tuan rumah Malaysia pada laga semifinal SEA Games 2017. Kejadian ini menjadi tranding topic sosmed publik negeri jiran (tetangga). Bukan hanya saat itu saja, beberapa atlet olahraga lain juga sejak dulu selalu meneteskan air mata seperti pebulu tangkis Susi Susanti saat meraih medali emas pada ajang Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol.

Tak hanya atlet saja, Sobat Kepooo saat upacara bendera di sekolah juga pasti merasa haru jika lagu kebangsaan Indonesia Raya dilantunkan kan? Kemungkinan ini beberapa alasan yang dirasakan mereka sampai meneteskan air mata saat moment tersebut.

1. Haru Bisa Mengibarkan Bendera Merah Putih di Negeri Lain
Sudah pasti saat melihat bendera kebangsaan dikibarkan di negara lain dengan prestasinya sendiri merupakan suatu kebanggan yang tak ternilai harganya. Moment yang jarang dan tak tahu kapan dan bisa memberikan kebanggaan lagi mengibarkan bendera negara sendiri di negara lain atau di atas bendera negara-negara lainnya.

2. Merasakan Susahnya Mengibarkan Bendera Merah Putih Saat Masa Penjajahan
Saat masa penjajahan, mengibarkan bendera merah putih adalah suatu yang sangat menegangkan di mata pendahulu kita. Mengibarkan bendera merah putih merupakan kejadian yang sangat dilarang oleh penjajah karena dianggap suatu makar atau pembangkangan terhadap negara penjajah karena menganggap wilayah jajahannya ini (Indonesia dulu) adalah wilayah negaranya. Mungkin itu juga alasan para atlet juga merasakan susahnya mengibarkan bendera merah putih di negara lain.

3. Lirik Lagu Kebangsaan yang Membuat Haru
Lirik lagu kebangsaan “Indonesia.. tanah airku, tanah tumpah darahku.. dan “Bangunlah jiwanya.. bangunlah badannya untuk Indonesia Raya..” mengandung makna yang sangat dalam memberikan semangat kebangsaan pada rakyatnya untuk bersama-sama membangun atau membanggakan negaranya di mata internasional.

4. Mengharumkan Nama Negara dan Lagu Kebangsaan di Kancah Luar Negeri
Banyak warga dunia yang gak tahu negara Indonesia dan letaknya di mana. Jika kita menyebutkan pada bule nama “Bali”, pasti mereka tahu. Bahkan parahnya bule di luar negeri menyangka Borneo atau Kalimantan itu seluruhnya merupakan negara bagian Malaysia. Dengan prestasi para atlet tersebut, warga dunia luar mengetahui nama negara, bendera dan lagu kebangsaan kita.

5. Menunjukkan Indonesia Punya Atlet Berprestasi
Selain itu juga yang disebutkan di atas, rasa haru juga karena bisa menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki gudang atlet berprestasi dan mampu mengalahkan atlet negara lainnya. Kalo Sobat jadi atlet berprestasi juga merasakan hal yang sama bukan?

Kalo Sobat posisi sebagai atlet berprestasi pasti merasakan hal yang sama kan? Komen di bawah perasaan kamu ya Sob. (SB)


header source: viva
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe