Kepoooin Nih

Tuesday, July 18, 2017

Nih Tips Supaya Sobat Terhindar dari Oknum Pedagang Naikkan Harga saat Musim Liburan

Hola Sobat Kepooo, kalian pernah gak sih jadi turis lokal? Yoi, kalo kalian lagi liburan atau main ke luar kota gitu. Kita kan berasa turis ya, hehehe.. Cuman Mimin suka sebel nih sama beberapa oknum pedagang yag suka naikin harga jual. Sobat pasti dengar berita kemarin ada pedagang di rumah makan di Yogyakarta atau tahun ekmarin di Anyer, Banten yang menaikkan harga dari hari normal saat liburan panjang juga kan?

Mimin mau bagi tips nya nih supaya kalian bisa terhindar dari oknum pedagang yang suka naikin harga sesuka hati.

1. Pake Logat dan Bahasa Setempat
Biasanya pedagang akan tau pembelinya dari luar kota atau wisatawan dari logat bicaranya. Dengan cara ini, harga bisa lebih murah kalo kita pake logat atau bahasa setempat. Misalnya Sobat Kepooo lagi di Bandung dan pengen beli peuyeum buat oleh-oleh. Jangan lupa pake logat dan bahasa setempat. “Mang, iyeu karupukna sabaraha? (mang, ini kerupuk nya berapaan?)”

Biasanya kalo dari logat dan bahasanya udah lokal, harganya juga ikut jadi lokal alias murah karena si pedagang akan mengira Sobat penduduk setempat, bukan wisatawan. hehehe..

2. Nanya Orang Sekitar
Nah, ini cukup ampuh. Sebelum kita beli, coba Sobat tanya ke tukang ojeg sekitar atau orang lewat harga sebuah makanan atau oleh-oleh jika si pedagang gak nampilin harganya di depan toko atau bandrol pada kemasannya. Biasanya orang sekitar ngasih tau harganya jujur dibanding yang jualan. hehehe

3. Jangan Nanya 'Berapa?'
Yoit Sobat Kepooo, mending pake feeling aja. Kira-kira itu harganya berapa, terus kalo udah bayar jangan cabut dulu. Tunggu sekitar 5 detik, siapa tau masih ada kembaliannya. Kalo si ibu bilang 'pas' Nah, baru deh Sobat Kepo boleh cabut dan bilang “makasih~”. ehehe..

4. Tunggu Sampe Ada Orang Lain yang Beli Juga
Di saat orang lain ada yang beli, Sobat Kepooo bisa tau berapa harga makanan atau minuman itu. Pengalaman dari Mimin pribadi, Mimin pernah nyesel karena orang lain belinya setelah Mimin bayar. Jadi ternyata si pembeli kedua itu bayar pake uang pas dan diterima. Ternyata emang harganya segitu -__-. Mimin beli karedok dipatok harga 15rb, eh pas si pembeli kedua bayar, dia ngasih 7rb diterima sama si ibu penjualnya. Kan bikin KZL jadinya..

Itu beberapa tips dari Mimin, semoga bisa bermanfaat buat sobat Kepooo terapin saat belanja liburan di daerah lain. Gak jauh beda dengan di Indonesia, tips ini juga berlaku untuk belanja di luar negeri, kalao mau dapet harga yang lebih murah ya harus pake bahasa negara setempat. hehehe.. Kalo Sobat punya pengalaman atau punya tips, sharing di kolom komentar bawah yaps. (ADM)

source picture: kaskus travelaround
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe