Kepoooin Nih

Tuesday, July 11, 2017

Ini Cerita Suka, Duka dan Lucu jadi Driver Ojek Online di Cilegon

Salah satu perusahaan antar jemput beraplikasi online di Indonesia terus mengembangkan sayapnya ke daerah barat Pulau Jawa. Mulai 5 Juli 2017, ojek online yang berciri khas warna hijau ini resmi beroperasi di Serang, Cilegon dan Pandeglang. Meskipun baru tujuh hari beroperasi, cukup banyak cerita suka-duka dari para mitra atau driver ojek online yang Mimin Kepooo temui beberapa driver di salah satu perumahan di Cilegon.

Selain di Cilegon masih relatif sepi pengguna jasanya menurut kakak-kakak driver, seperti di beberapa kota besar lain yang sempat heboh pemberitaan perseteruan antara tukang ojek online dengan ojek pangkalan, di Cilegon juga beberapa driver pernah mengalaminya. Namun hanya berupa teguran atau teriakan dari mamang ojek pangkalan ketika driver ojek online melintasi pangkalannya.

“Pernah nganterin penumpang ngelewatin pangkalan ojek dekat salah satu terminal di Cilegon terus mereka bilang ‘oh ini yang masuk markas kita’. Saya diam lewat saja,” cerita Egi, yang juga dialami temannya Syahdan dan Robi. Duh.. berasa kaya uji nyali ya Sob. hehehe..

Selain mulai adanya teguran dari mamang ojek pangkalan, penumpang yang menggunakan pembayaran tidak cash atau dipotong saldo deposit pelanggan menjadi keluhan para driver sendiri yang pulang tanpa membawa uang cash. Para driver harus mencairkan pendapatannya terlebih dahulu di ATM bank.

“Tadi nganter pelanggan dengan pembayaran tidak cash ya gak dapet uang cash langsung, tapi masuknya ke saldo driver yang dicairkannya lewat transfer bank,” tambah Egi, yang juga berstatus sebagai mahasiswa dan menjadi mitra ojek online ini untuk mengisi waktu liburannya dan menambah uang sakunya.
Selain itu, saat ditemui Mimin Kepooo, mitra atau driver ojek online ini terjadi error server. Dimana satu pelanggan yang akan menggunakan jasanya, masuk ke lebih dari satu smartphone driver. Ini sempat terjadi kebingungan siapa mitra yang digunakan jasanya untuk mengantar calon pelanggan tersebut. Dan juga masih banyaknya calon pelanggan yang masih coba-coba memesan jasanya lalu mengcancel, sehingga berdampak pada performa mitra yang turun. Lalu mitra mengharapkan adanya kantor perwakilan di Cilegon sehingga gak harus jauh-jauh ke kantor Serang jika melaporkan dan menyerahkan bukti barang terjadinya fake order contohnya dalam mengantar barang belanjaan atau makanan minuman yang dipesan.

Cerita bahagianya selain banyaknya pelanggan yang diantar atau menggunakan jasa lainnya, sudah pasti kalau kakak-kakak driver ini mencapai target minimal yang tercapai dalam satu hari mereka bakal mengantongi bonus yang terbilang lumayan, yaitu Rp.15.000 per hari jika mendapatkan minimal 14 poin. Wuih.. lumayan banget ya Sob.

Tak hanya cerita suka dan duka, kejadian lucu juga dialami Minggu (9/7) petang dari pelanggan yang penasaran dengan keberadaan ojek online yang sudah masuk Kota Cilegon ini. “Kemarin Minggu (9/7) saya dapat order antar penumpang namanya Erwin tujuan Jalan Lingkar Selatan ke depan PCI. Setelah ditemui katanya cuma mau nyobain benar atau gak udah ada ojek online di sini. Lalu dikasih uang sesuai tarif tapi gak nganterin penumpangnya,” kata Mances.

Terjadinya kesalahan server ojek online juga sempat terjadi kejadian unik, Mances bercerita pernah mendapatkan pesanan calon pelanggan yang meminta dibelikan makanan di Jakarta. Duh.. ada-ada saja ya Sob. Masa kakak drivernya harus pulang-pergi Cilegon – Jakarta – Cilegon pake motor untuk beli makanan. hehehe.. Atau pengalaman menarik saat Robi diajak selfie oleh pelanggannya. Hm.. mungkin untuk stock foto IG pelanggannya. hahaha..

Nah itu Sob beberapa cerita suka, duka dan lucu dari kakak-kakak driver ojek online yang Mimin temui di Cilegon. Cari rejeki zaman kekinian emang gak mudah ya Sob. Bukan cuma butuh tenaga ekstra, tapi juga bikin spot jantung kaya uji nyali di tivi-tivi itu. hehehe.. Sobat juga jangan iseng-iseng order kalo akhirnya dicancel sendiri karena menyebabkan turunnya performa kakak drivernya. (SB)

all picture copyright © Kepooo.id

Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe