Kepoooin Nih

Wednesday, July 5, 2017

Anak-anak UI dari Banten akan Menggelar Mari Mengajar. Yuk Ikutan Sob!

Putera-puteri Banten yang berkuliah di Universitas Indonesia (UI) dan tergabung dalam FORKOMA (Forum Komunikasi Mahasiswa) UI Asal Banten akan mengadakan Mari Mengajar 6 pada 11-20 Agustus 2017. Acara yang sudah digelar keenam kalinya sejak tahun 2012 ini mengambil tema Merajut Angan, Bangkit dan Melangkah Lebih Jauh. Tahun ini Forkoma UI Banten akan menyambangi Desa Cikumbuen, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang.
Apa Itu Mari Mengajar?
Mari Mengajar 6 adalah agenda tahunan pengabdian masyarakat yang digelar oleh Forkoma UI Banten yang akan menyambangi desa setiap tahunnya dengan tujuan untuk mengabdi dan berkontribusi dalam dunia pendidikan di Banten. Selain itu, di desa yang disambangi tersebut juga diadakan proyek sosial.

Di agenda Pendidikan, volunteer akan mengajar di tiga Sekolah Dasar di Desa Cikumbuen sesuai dengan silabus setiap kelas SD masing-masing setiap Senin-Jum’at dan menyelipkan beberapa materi mengajar sebagai implementasi sesuai tema tahun ini yaitu Merajut Angan, Bangkit dan Melangkah Maju.

Selain mengajar, volunteer juga akan melakukan homevisit setiap harinya ke rumah peserta didik (murid) untuk membuat raport kualitatif selama mengajar dan melakukan team teaching dengan guru masing-masing kelas. Sedangkan peserta didik akan menerima raport dari kakak-kakak Forkoma UI dan volunteer pada hari Jum’at.
Sementara itu pada proyek sosial, Forkoma UI akan melakukan lima proyek:
1. Taman Baca
Membuat perpustakaan mini yang dibuat oleh volunteer dan ke depannya akan dikelola oleh warga setempat
2. Pesta Rakyat
Merayakan HUT Republik Indonesia (17 Agustusan) yang berisi lomba-lomba yang diikuti oleh warga setempat dan tentunya disediakan hadiah bagi para pemenang lombanya.
3. Pentas Seni
Diadakan pada Sabtu, 19 Agustus 2017 sebagai ajang mempertunjukkan seni dan budaya setempat maupun seni kontemporer.
4. Desa Mencari Bakat
Seperti program ajang pencarian bakat di sejumlah stasiun televisi, agenda ini adalah perlombaan yang mewadahi masyarakat untuk menggali kemampuannya melalui perlombaan-perlombaan seperti cerdas cermat, lomba adzan, lomba catur, dll.
5. Kelas Inspirasi
Kelas berjalan di tiga SD tersebut yang isinya memperkenalkan kakak-kakak dari berbagai profesi kepada peserta didik untuk memberikan inspirasi kepada adik-adiknya ke depan ingin bercita-cita menjadi apa.
“Awalnya Mari Mengajar ini visi misinya hanya untuk menjalin silaturahmi antar mahasiswa asal Banten melalui kegiatan mengajar ke SD-SD yang ada di Banten dan ingin mengadakan pengabdian kepada kampung halaman,” ujar Devan Yulio, Humas Mari Mengajar 6. Devan menambahkan, selanjutnya agenda tersebut tidak hanya dijadikan ajang silaturahmi saja, tapi juga mampu berkontribusi terhadap kampung halaman dan dijadikan agenda rutin tahunan Forkoma UI Banten.

Ikut Jadi Volunteer Yuk!
Nah Sob, meskipun ini hajatannya anak-anak UI asal Banten, tapi Sobat yang sekarang duduk di bangku kuliah dan bukan anak UI juga bisa ikutan, lho. Gimana caranya? Nih disimak syarat dan cara pendaftarannya Sob.. Jangan lupa isi formulir onlinenya di bit.ly/OprecVolunteerMM6 , mendownload 3 berkas berisi lembar formulir calon volunteer (relawan) pengajar dan proyek sosial serta surat izin dari orang tua Sobat di bit.ly/BerkasVolunteerMM6 . Lalu kirim 3 berkas tersebut ke email marimengajar6@gmail.com dan tunggu pengumumannya.
Apa yang Didapatkan oleh Volunteer?
Dengan biaya pendaftaran Rp.155.000 yang digunakan untuk biaya konsumsi dan penginapan Sobat selama 10 hari di Desa Cikumbuen, Sobat dapat mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dari kegiatan Mari Mengajar 6 mulai dari pelatihan sampai terjun langsung ke masyarakat.

Selain itu volunteer juga mendapatkan teman baru yang berasal dari berbagai macam kampus dan ini menambah relasi bagi volunteer dan juga melaksanakan tri dharma perguruan tinggi seluruh Indonesia yaitu pengabdian masyarakat.

Yuk Donasi Juga Sob!
Sobat juga bisa memberikan donasinya berupa uang untuk menyukseskan program pengabdian masyarakat ini dan donasi berupa buku pelajaran atau buku bacaan yang memuat pendidikan utamanya untuk pendidikan peserta didik Sekolah Dasar. Buku-buku tersebut nantinya digunakan untuk dibuatkan taman baca di Desa Cikumbuen, Pandeglang, Banten.
Atau kalo Sobat punya pakaian layak pakai tapi gak dipake lagi karena sudah gak muat atau lemari kepenuhan, bisa donasikan pakaian SObat untuk Garage Sale yang hasilnya akan digunakan untuk kegiatan Mari Mengajar 6 ini.
Yuk tunggu apalagi Sob, segera daftarkan diri Sobat menjadi volunteer Mari Mengajar 6 atau memberikan sebagian rizkinya untuk peserta didik dan masyarakat Desa Cikumbuen, Kabupaten Pandeglang. Butuh penjelasan lebih lengkap? Sobat bisa tanya ke kakak-kakak Mari Mengajar 6 Forkoma UI Banten di:
LINE Humas: devanyulio
Instagram: marimengajar
Twitter: @MariMengajar
Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe