Kepoooin Nih

Thursday, June 1, 2017

Trik Ngirit Pengeluaran Anak Kost di Bulan Puasa

Bagi anak kost, hidup bersama orang tua lebih berharga dan mengenakkan dibandingkan ngekost yang serba terbatas, terutama untuk mahasiswa/i. Terlebih di saat bulan puasa seperti ini harus bangun sendiri untuk sahur.

Kiriman uang dari orang tua atau gaji bagi pekerja yang kadang ngepas membuat anak kost harus memutar otak memikirkan bisa cukup menjalani bulan puasa ini. Tapi katanya sih anak kost mah udah terbiasa puasa. Benar gak tuh Sob? hehehe.. Nih triknya dari Mimin, Sob..

1. Ngirit Menu Buka Puasa dan Sahur
source: memecomik

Bener gak sih Sob, katanya kalo bulan puasa bukannya ngirit pengeluaran makan tapi malah pengeluarannya bertambah? Gak juga ah. Pastinya tergantung Sobat yang harus pintar mengatur menu buka puasa dan sahur. Yang lain buka dengan sop buah, Sobat buka dengan teh disopin.. (baca: teh manis), yang lain sahur pake daging, Sobat sahur pake tempe dibumbui penyedap rasa daging sapi supaya jadi tempe berasa lagi makan daging.. hahaha..

2. Buka dan Sahur di Kostan atau Rumah Temen
source: drzeze

Makanya kalo jadi anak kost harus pandai pergaul Sob.. Banyak teman itu bermanfaat sewaktu-waktu Sobat bisa saling membutuhkan bantuan. Triknya Sobat bisa pura-pura nugas dadakan langsung ke kostan atau rumah teman saat sore hari mepet waktu buka puasa. Tapi pastikan teman Sobat dan orang tuanya itu gak pelit ya.. Kalo dia pelit terus pas buka puasa Sobat gak dikasih takjil dan suruh beli sendiri, ngambek terus nangis aja.. terus guling-guling di kostan atau rumah teman Sobat aja sampe dikasih takjil dan makan. hahaha.. Kalo mau sahur, pura-pura nugasnya malem abis Tarawihan aja.. kalo dikasih kode Sobat disuruh pulang, pura-pura gak ngeuh aja.. Ulur terus nugas atau ngobrol sampe Sobat tertidur. hahaha..

3. Buka di Kostan atau Rumah Pacar dan Mantan
source: tekno kita

Gak ada salahnya kan buka puasa di rumah pacara dan mantan? Namanya juga kepepet anak kost. Kalo ke kostan atau rumah mantan, bilang aja mau silaturahmi nostalgia kalian ngejalanin bulan puasa bareng.. hahaha.. MODUS! Tapi inget Sob.. setelah bukber atau Tarawih bareng pacar dan mantan, Sobat pulang ke kostan.. Jangan bablas nginep dengan alesan biar sahur bersama juga.. hehehe..


4. Nyari Pembagian Takjil Gratis di Jalan
source: anggrilukman

Kekinian terutama di kota-kota besar hampir setiap hari di saat bulan puasa begini banyak komunitas atau organisasi melakukan aksi amal membagikan takjil gratis kepada para pengendara ya Sob. Tujuannya sangat mulia, memberikan pengendara takjil karena baru pulang kerja atau aktivitas lalu tidak keburu beli takjil untuk berbuka puasa. Nah Sobat bisa manfaatkan tuh dengan cara pura-pura lewat di jalan tersebut dan pasti dikasih. Kalo Sobat gak punya kendaraan, lewat jalan kaki aja minta. Udah kepepet gak ada kata malu lah.. hehehe..

5. Buka Puasa di Masjid
source: tvllankz - disiniajatempatnya

Selain berbagi takjil gratis di jalanan, kekinian juga banyak masjid atau musholla yang mengadakan pembagian takjil dan bukber setiap hari. Nah, Sobat juga harus pandai bergaul dengan lingkungan sekitar kostan supaya tidak malu mendadak jadi orang yang gak dikenal oleh warga sekitar tapi hadir terus saat bukber di masjid. Nanti Sobat dikira musafir yang muncul cuma pas waktu buka puasa aja. hahaha..

6. Ikut Tahlilan dan Syukuran
source: retnosofyaniek

Kalo bulan lain biasanya anak kostan nyari acara nikahan yang masa bodo kenal atau gak pasangan pengantin yang dihadirinya itu, di bulan puasa biasanya sangat jarang ada acara pernikahan. Tapi kalo tahlilan dan syukuran seperti aqiqah dll waktunya tidak bisa digeser ke bulan lain. Nah, dengan Sobat pandai bergaul dengan masyarakat setempat, pasti deh tuh Sobat dikasih tau siapa aja warga yang mau ngadain tahlilan dan syukuran. Lumayan Sob.. satu besek nasi dan lauk pauknya bisa buat buka puasa dan sahur Sobat.. hahaha..

Tuh Sob beberapa trik dari Mimin yang bisa Sobat lakuin yang lagi ngekost. Jadi anak kost terutama yang kiriman bulanannya pas-pasan ternyata gak seenak yang dibayangkan ya Sob. Gimana, Sobat pernah ngelakuin yang mana aja? Atau ada pengalaman trik and tips lain Sob? Cerita sini ke Mimin dan Sobat lainnya di kolom komentar bawah. (SB)

header picture source: teknokita

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe