Kepoooin Nih

Friday, June 16, 2017

#TampilanBaruTwitter Rasa Instagram, Ini yang Bikin Kangen Tampilan Dulu Twitter

Di saat banyaknya bermunculan sosial media baru, twitter diam-diam mengubah tampilannya yang cukup signifikan. Berbeda dengan perubahan sebelum-sebelumnya yang terkesan hat-hati dan minim, kini tampilan baru twitter lebih berani. Tampilan baru ini baru Mimin pantau sudah berjalan untuk pengguna di android, iOS dengan versi terbaru dan website. Sedangkan twitter Lite (mobile twitter) dan OS lainnya belum diketahui.

Perubahan tersebut diantaranya menghilangkan kesan bentuk kotak menjadi lingkaran atau bulat yang terdapat dalam twitter. Avatar atau photo profile, foto following di home atau beranda dan foto akun twitter lainnya seperti saran twitter untuk diikuti, avatar akun yang mereply, seperti ciri khas instagram. Bentuk kotak juga dirubah menjadi bentuk oval, seperti kolom untuk menulis kicauan, ‘Edit Profile’, ‘Retweet’ dengan komentar, ‘Follow’, termasuk ‘Tweet’ yang dirubah dari bulat menjadi oval. Icon lonceng ‘notifikasi’, amplop ‘pesan’, retweet, love dirubah menjadi ruang kosong dan ‘balas’ dirubah dari bentuk panah menjadi mirip ‘komentar’ pada instagram.

Perubahan twitter yang cukup banyak ini mengundang banyak dukungan dan sinis oleh penggunanya pada trending topic #TampilanBaruTwitter. Yang mendukung, mereka merasa tampilan twitter lebih fresh dan tidak kaku yang terkesan kotak-kotak seperti sebelumnya. Sedangkan mereka yang sinis, tampilan baru twitter yang menggunakan icon bentuk kosong ini dianggap terlalu mengikuti instagram. Contohnya icon yang mirip instagram adalah icon komentar, setelah sebelumnya twitter mengikuti icon love menggantikan icon bintang untuk kicauan yang disukai. Bikin kangen, yuk Sob kita nostalgia tampilan twitter yang dulu sejak ngehitz awal 2009. bekicooottt…

1. Istilah-istilah Twitter yang Hilang
Meskipun istilah ‘Tweet’ atau kicauan di halaman Home/Beranda sudah ada sejak awal, namun pengguna twitter lebih suka menyebutnya ‘Time Line’ dibandingkan make istilah Tweet atau kicauan. Selain itu istilah ‘Favorite’ dengan icon bintang diganti dengan ‘Like’ dengan icon hati atau love. Juga istilah 'Mentions' yang diganti dengan 'Notification/Notifikasi'.

2. Saat Reply, Karakter Akun yang Dibalas Dianggap 140 Karakter
Sekarang sih enak twitter 140 karakter huruf semuanya untuk yang membalas. Tapi kalo dulu akun teman yang kita balas termasuk dalam jatah yang diberikan twitter 140 karakter tersebut. Makanya paling males kalo ngereply teman yang usernamenya panjang sampe maksimal 15 karakter, “ngabisin jatah 140 karakter huruf balesan gue aja, HUH -__-“. Kekurangannya kalo percakapan dilakukan dengan ‘reply’ maka followers Sobat dan akun yang Sobat balas tersebut juga difollow oleh followers Sobat itu, maka percakapan akan keluar di lini masa (Time Line).

3. ReTweet With Comment atau Quote Tweet Tulis Manual
Sama dengan mereply, username akun teman yang diReTweet dengan komentar juga termasuk dalam 140 karakter tersebut. Kalo mau meRT sambil dikomen, kicauan lawan bicara itu harus dicopas dulu karena belum ada Quote Tweet. Otomomatis percakapannya bisa dilihat semua followers di lini masa (Time Line/TL), tinggal tambahin ‘RT’ (singkatan dari ReTweet) dengan mengetik manual atau tanda kutip sebelum username akun yang mau kita balas. Gak harus ‘RT’, karena diketik manual kita juga bisa modifikasi dengan kata ‘RW’, “Kades’, ‘Lurah’, Camat’ dll. Asal jangan ‘Mantan’ aja ya Sob. hahaha..

4. Ngisengin yang Pacaran di Time Line
Tapi paling males kalo ngeliat TL penuh dengan percakapan reply dan retweet with commentnya orang pacaran. Rasanya pengen ngebisikin ke mereka “woy.. toleransi sama gue yang jomblo dong”. hahaha..

5. DM jadi Lebih Panjang
Kalo sebelumnya ngirim pesan lewat Direct Message (DM) hanya terbatas karakter, sekarang Sobat bisa nulis pesan dengan karakter huruf gak terbatas. Lebih private juga percakapan mesra-mesraannya gak dipublish di Time Line. Harusnya yang taken toleransi sama yang single (Baca: JOMBLO) lah.. L hahaha..

6. Hilangnya Icon Bintang di Twitter
source: indonesia faith freedom

Salah satu icon yang sangat khas dari twitter dan kini hilang adalah ‘bintang’, sebagai ekspresi kita menyukai sebuah kicauan. Sekarang udah ilang tuh Sob, jadi love ngikutin Instagram dan Facebook. Gak adil rasanya ketika kita sedang galau baru diputusin doi terus baca kicauan galau dan pas ngena di hati malah dilove. Harusnya twitter menyediakan icon ‘broken heart’ L hahaha..

7. Tampilan Jadul di BlakBerry
source: QQoriah

Iri rasanya kalo Sobat sebagai pengguna twitter gak sempat menikmati tampilan jadul twitter di BlackBerry. hehehe.. Salah satu perbedaannya adalah icon hashtag untuk mencari topic apa yang sedang diperbincangkan kekinian (trending topic) yang dipisah dengan search, sekarang tampilan pada smarthphone tampilannya digabungkan.

Gimana nih Sobat twitter addict yang dari 2009 sampe sekarang masih setia dengan twitter, udah pada nyadar perubahan tampilan drastisnya? Tampilan apa aja nih yang berubah menurut Sobat yang belum dicanumin sama Mimin di atas? Kasih tau di kolom komen bawah yaps. (SB)

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe