Kepoooin Nih

Saturday, June 17, 2017

Ini Alasan Masjid Lebih Rame di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan (puasa) adalah bulan penuh berkah dan ampunan untuk Sobat Kepooo yang beragama Islam. Tentunya bulan ini gak akan Sobat sia-siakan begitu aja tanpa ibadah apapun. Moment bulan puasa dijadikan ummat Islam untuk memperbanyak ibadah yang biasanya gak dilakuin di luar bulan puasa. Ya kan Sob? ngaku aja deh.. hehehe.. Nih alasan-alasan apa aja sehingga masjid lebih rame pada bulan puasa. Cekibrot..

1. Ibadah Lebih Khusyu
source: klik uk

Sebagai tempat ibadah ummat Islam, pastinya masjid atau musholla menjadi tempat favorit untuk beribadah supaya lebih khusyu dari bisingnya sekitar. Kalo Bulan Ramadhan Sobat bisa sholat tarawih dan ibadah lainnya seperti tadarus (mengaji), khataman Al-Qur’an (mentamatkan baca Al-Qur’an), qiyamullail (sholat malam/tahajud), i’tikaf (berdiam diri di dalam masjid) untuk berdoa dan dzikir, dll. Apalagi menjelang akhir bulan puasa seperti sekarang ini pasti lebih ramai lagi terutama masjid dan musholla di perkampungan.

2. Dapat Takjil Gratis
source: metrotvnews

Menjelang buka puasa biasanya di masjid dan musholla banyak yang mengadakan buka puasa bersama warga sekitar yang makanan dan minumannya bersumber dari sumbangan warga dan uang kas masjid. Masjid atau musholla yang memberikan takjil gratis ini biasanya jadi incaran anak kost. hahaha.. Termasuk untuk musafir (orang yang sedang berpergian jauh) seperti pemudik dan Sobat yang sedang di perjalanan setelah melakukan aktivitas, masjid yang memberikan takjil gratis ini sangat bermanfaat.

3. Bisa Sering Kumur-kumur
source: ayo ketawa

Biasanya anak kecil yang baru belajar puasa sering banget main di masjid dengan alasan biar sholatnya gak telat dan rajin sholat atau ngaji. Padahal yang dilakuin di masjid bolak-balik ke tempat wudhu untuk kumur-kumur dengan alasan lagi wudhu. Kumur-kumurnya masuk tiga kali, keluarnya cuma satu kali. hahaha.. Selain kumur-kumur juga biasanya anak kecil kalo di masjid sering cuci muka dan basahin rambut, biar seger katanya.. Ayo Sobat Kepooo waktu kecil yang pernah ngelakuin itu ngaku.. hehehe..

4. Bulan Puasa, Masjid Berasa Dingin
source: kaskus kalimushada

Harus diakui kalo masjid dan musholla pada bulan puasa mendadak masjid berasa lebih sejuk, adem gitu.. Apalagi kalo siang-siang tiduran di lantai dalam masjid, udah pasti bawaannya pengen molor aja dan bangunnya nanti pas mau bedug buka puasa. hahaha.. Coba lihat deh masjid atau musholla di sekitar Sobat, pada bulan puasa masjid mendadak seperti hotel banyak jama’ah menggunakannya untuk tidur. Biasanya tempat favorit sih di bawah kipas angin atau AC, apalagi deket sama colokan untuk ngecharge hp. hahaha.. Sobat pernah ngelakuinnya kan?

5. Kembang Desa dan Bunga Komplek Pada Keluar
source: pict biya

Kalo hari bisanya sih kita jarang melihat kembang desa dan bunga komplek atau perumahan keluar untuk bergaul. Tapi saat bulan puasa, moment ini mereka pada keluar terutama saat sholat tarawih. Moment ini sih biasanya yang dijadiin kesempatan Sobat cowok yang jomblo pada keluar dan tampil seganteng dan sesholeh mungkin nampang di pintu masuk dan keluar masjid kek patung selamat datang. hahaha.. ketauan deh sering ke masjidnya bukan karena cinta tarawih tapi tarawih cinta. hehehe..

Tuh Sob beberapa alasannya masjid dan musholla lebih rame pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan biasanya. Sobat pernah ngelakuinnya yang mana? Atau ngelakuin yang lain? Sini cerita ke Mimin dan Sobat Kepooo lainnya di kolom komen bawah yaps. (SB)

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe