Kepoooin Nih

Friday, June 2, 2017

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Gimana minggu pertama puasanya Sob, ada yang bolong gak? hehe.. Harus terus semangat dong ya puasanya.. Nih Sob, Mimin mau sharing makanan dan minuman apa aja sih yang harus Sobat hindari saat sahur dan berbuka puasa? Supaya Sobat Kepooo semua terus sehat dan kuat menjalani ibadah puasa satu bulan ini dengan full. Yuk disimak..

Hindari Saat Sahur
1. Kopi dan Teh
Semua udah pada tau kan kalo kopi mengandung kafein. Yaitu zat bisa membuat mata melek dan insomnia (susah tidur). Minum kopi dan teh membuat tubuh tidak terhidrasi karena bersifat diuretik merangsang tubuh kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil. Akibatnya Sobat akan merasa cepat haus saat puasa. Jangan sampe Sobat sahurnya minum kopi terus abis sholat subuh malah udah haus duluan. hehehe.. Kedua minuman ini juga gak disarankan dikonsumsi saat berbuka puasa ya Sob, karena memicu asam lambung yang akibatnya perut terasa kembung dan mual.

2. Opor Ayam dan Jeroan
Sabar Sob.. Lebaran masih lama.. udah main sikat opor ayam aja. hehehe.. Ayamnya sih baik untuk kesehatan, tapi santannya itu mengandung lemak tinggi. Juga seperti rendang, gulai, jeroan dan makanan bersantan lainnya. Santannya jangan dimakan ya Sob.. Termasuk juga menu lauk pauk yang digoreng. Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti bersantan dan digoreng mengakibatkan Sobat lesu dan cepat lelah saat beraktivitas di bulan puasa.

3. Ikan Asin
Padahal ini menu favorit Mimin. Apalagi ikan asinnya dicoel sama sambel, hmm.. yummy.. hehe.. Hindari makanan yang asin Sob, karena menyebabkan kadar sodium di tubuh tidak seimbang yang akibatnya kita jadi cepat haus. Contoh makanan asin lainnya seperti keripik, acar, kacang asin, masakan cewek yang keasinan karena ngebet pengen nikah. hahaha.. mitosnya sih gitu katanya.

4. Mie Instan dan Fried Chicken
Biasanya anak kostan yang hobi makan mie instan nih. Eh bukan hobi, tapi keadaan. hahaha.. Mie instan dan fried chicken dan saudara-saudaranya seperti nugget, sosis, kentang goreng, daging olahan atau yang bisa kita sebut keluarga junk food gak baik dikonsumsi sehari-hari terutama saat bulan puasa karena rendah serat.

Hindari Saat Berbuka Puasa
1. Gorengan
Hampir seluruh masyarakat Indonesia merasa kurang lengkap jika buka puasa tanpa menu gorengan, seperti bakwan, risoles, cireng, dll. Padahal gak baik lho Sob. Jadi kata dokter, saat berpuasa organ tubuh pencernaan manusia istirahat sementara, kerjanya yang ringan-ringan aja. Saat berbuka dengan gorengan, menjadikan kinerja pencernaan berat memprosesnya dan rendah serat. Gorengan juga memicu keluarnya asam lambung. Disarankan makan gorengannya saat makan malam atau setelah Sholat Tarawih aja Sob.

2. Minuman Bersoda atau Karbonasi
Di luar bulan puasa aja gak baik untuk dikonsumsi, apalagi bulan puasa. Jangan tergoda buka puasa dengan minuman ini karena iklannya yang ngegoda tenggorokan dan ngeselin itu ya Sob. hahaha..

3. Nangka dan Kol
Saat berbuka, nangka biasanya disajikan dalam sop buah. Sama seperti minuman bersoda dan karbonasi, nangka juga makanan yang mengandung gas. Nah, pesan aja ke abang sop buahnya, jangan pake nangka. Kol juga makanan mengandung gas. Biasanya yang hobi makan pecel ayam dan lele suka minta kol goreng yang

4. Cabe Rawit 10 Ton dan Buah Ranum
Eits, jangan mikir yang enggak-enggak dulu ya Sob. hehe.. Maksudnya jangan makan yang pedes-pedes dan asem-asem.. Contohnya buka puasa makan tahu bulat pake cabe rawit 10 ton atau buah mangga yang masih muda alias asem. Makanan pedas dan asam bisa meningkatkan produksi asam lambung karena dikonsumsi setalah perut dalam keadaan kosong berpuasa dan bahkan bisa merusak dinding lambung yang pastinya gak baik untuk menu buka puasa.

5. Keju dan Coklat
Hindari makan keju dan coklat saat berbuka puasa, seperti roti dan pasta keju. Terlalu banyak makan keju dan coklat saat berbuka bisa menyebabkan perut menjadi kembung karena kedua makanan ini lambat dicerna oleh organ tubuh pencernaan.

6. Sirup, Permen, Manisan
Saat menjelang buka puasa biasanya di televisi bertebaran iklan “berbukalah dengan yang manis …”, padahal gak semuanya yang manis itu dibutuhkan untuk tubuh Sob. Saat buka puasa, tubuh membutuhkan asupan yang menaikkan gula darah hingga menjadi stabil. Nah, makanan dan minuman manis seperti sirup, permen, manisan itu hanya mengandung sukrosa saja. Sukrosa gak cukup, tubuh juga butuh glukosa dan fruktosa. Makan kurma yang seperti dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW adalah makanan yang memiliki tiga asupan tersebut plus mengandung serat, kalium, potassium dan vitamin A.

Tuh Sob, hindari makanan dan minuman itu bulan puasa ini yaps. Kalo mau nambahin menu-menunya di kolom komentar bawah ya. Maksudnya menu yang harus dihindari, Mimin bukan waiter. hahaha.. (SB)

picture source: ourlovebonding

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe