Kepoooin Nih

Wednesday, May 10, 2017

Yang Harus Sobat Perhatikan Ketika Melamar dan Interview Kerja

Mimin ucapin selamat ya untuk Sobat Kepooo yang baru lulus SMA/sederajat dan kuliah.. Rencana ke depan gimana nih Sob, kerja? Kebetulan kali ini Mimin bakalan bahas soal yang harus diperhatiin ketika Sobat mau ngelamar dan interview kerja.

Kerja! Yaks, semua orang pengen kerja di tempat yang bonafit, ya gaji besar, tunjangan banyak dan kerjaan santai. Duh itu mah Mimin juga mau :( Sobat Kepooo perlu perhaikan saat dimana mencari kerja seperti melamar dan mengikuti interview sebelum diterima di perusahaan yang Sobat lamar. BTW si doi juga buruan dilamar sebelum ditikung sahabat Lo tuh, Sob. hahaha..

1. Melamar Kerja Lewat Pos atau Jasa Kurir
Perlu Sobat Kepooo perhatiin, ketika melamar kerja lewat kantor pos sebaiknya surat lamaran kerja ditulis tangan lho. Kalo mau diprint ya silahkan, tapi gunakan kertas A4 80 gram, jangan pake yang 70 gram. Untuk daftar riwayat hidup kalo bisa jangan pake daftar riwayat hidup yang beli gopean di tukang foto kopi. Masa mau ngelamar daftar riwayat hidup gak menarik. Usahakan diprint dibuat semenarik mungkin. Untuk posisi design grafis sebaiknya menggunakan portfolio

Lampirkan berkas foto kopy KTP, SKCK, kartu AK1 (kartu kuning), foto kopi ijazah dan sertifikat keahlian kalo punya, supaya dapet poin plus. Semakin banyak lampiran sertifikat keahlian, semakin besar peluang dipanggil oleh perusahaan.

Tulis di map coklat pojok kiri atas untuk nama pelamar, alamat pelamar dan nomor HP pelamar. Untuk pojok kanan bawah nama perusahaan, alamat perusahaan dan nomer perusahaan.

2. Melamar Kerja Lewat Email
Melamar pekerjaan lewat email atau surel (surat elektronik) dengan melalui kantor pos. Selain untuk mengirim email sesama teman atau keluarga, perusahaan-perusahaan kekinian cenderung menggunakan email untuk mengirim lamaran. Mungkin perusahaan tak mau repot dengan cara manual seperti menyiapkan tempat untuk tumpukan berkas lamaran. Scan lah file fotocopy ijazah, KTP, SKCK, kartu kuning, sertifikat, dll untuk dilampirkan pada email. Jangan pernah scan file asli ijazah ya Sob. Kenapa? Untuk menghindari disalah gunakan ijazah kita Sob.

Buatlah daftar riwayat hidup dalam bentuk Microsoft Office .docx atau dalam bentuk .pdf agar keliatan rapih. Untuk file KTP, SKCK, pas foto, parklaring dan sertifikat dipisah dengan daftar riwayat hidup. Bisa Sobat Kepooo scan dan extrak winrar atau juga bikin .pdf

3. Cara Melamar Lewat Email
Langkah pertama buka email, masa buka puasa :( Ketik surat lamaran di email dan daftar riwayat hidup lalu upload dalam bentuk lampiran/attach tadi, lalu upload file lampiran lainnya juga. Kalau bisa file tidak lebih dari 1 MB atau sangat besar, paham lah koneksi internet kita kaya apa. hahaha..

Yang Harus Diperhatikan Ketika Interview Kerja

1. Perhatikan Waktu
Sobat Kepooo pernah diundang untuk interview kerja? Biasanya perusahaan menentukan jadwal dan tempatnya. Saran Mimin, Sobat tiba 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan oleh perusahaan. Jangan sampe Sobat berangkat dari rumah terlalu mepet dengan jadwal, karena gak tau di perjalanan apakah macet atau tidak. Dan kalau terburu-buru bakal tidak konsen dalam interviewnya.

2. Perhatikan Pakaian
Pakai sepatu kemeja rapih dan celana bahan hitam (jika ditentukan kemeja putih plus celana bahan hitam, pakai) dan sepatu pantofel. Jangan sampe interview pake kaos oblong. hahaha.. dikira lagi santai kali. Jangan lupa juga bawa peralatan menulis buat jaga-jaga takutnya testnya dilakukan hari itu juga atau mendadak.

3. Perhatikan Rambut
Untuk kaum adam, rambut juga perlu diperhatikan. Rambut jangan gondrong, yang penting tetap basah dan kelimis kaya Wak Doyok. hahaha.. Seorang HRD bisa lho beranggapan "diri sendiri aja gak rapih, gimana sama kerjaan".

4. Perhatikan Ketika di Dalam Ruangan
Sebelum masuk ke ruang HRD atau interview, kita disuruh nunggu oleh resepsionis dulu. Ketika disuruh masuk keruang HRD, sebaiknya ketuk pintu dulu lalu ucapkan salam atau selamat pagi kepada HRD. Perlu Sobat Kepooo perhatikan, posisi tangan ada di atas meja dan pandangan tetap kepada seorang HRD, jangan buang muka. Perhatikan baik-baik dan cermati tiap kata. Ketika pertanyaan kurang jelas, jangan dijawab tetapi minta diulang, "mohon maaf Pak, bisa diulang pertanyaannya"

Begitu Sob yang harus diperhatikan. Oh iya, tiap HRD beda-beda karakternya, beda-beda juga cara menilainya. Share pengalaman Sobat saat melamar dan interview pekerjaan di kolom komentar bawah yaks. (DEZA)

picture source: thinkstockphotos

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe