Kepoooin Nih

Thursday, May 25, 2017

Tradisi Munggahan yang Bisa Sobat Lakuin Menjelang Bulan Puasa

Alhamdulillah.. bulan suci Ramadhan (puasa) sebentar lagi tiba.. Bagi Sobat Kepooo yang muslim, bulan puasa selalu ditungguh-tunggu. Bulan yang sering disebut bulan penuh berkah ini pasti disambut dengan suka cita umat Islam berbagai daerah.

Berbagai bentuk acara dan tradisi dilakukan warga daerah di Indonesia. Kalo di daerah Jawa Barat dan sebagian Banten dikenal dengan nama munggahan, di daerah Mimin (Kota Cilegon, Banten) disebut keramasan. Munggahan dan keramasan adalah tradisi warga beberapa hari sebelum datangnya bulan puasa dalam berbagai bentuk kegiatan. Istilah munggahan seperti sudah menjadi kosa kata baku dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang tidak hanya dimiliki oleh warga Jawa Barat seperti kosa kata ngabuburit (menunggu buka puasa tiba). Di Jawa Timur dikenal dengan nama Padusan dan Dugderan di Semarang.

Apa aja sih yang biasa dilakukan warga daerah di Indonesia dalam munggahan ini? Yuk disimak, Sob.

1. Mudik
Hari-hari seperti sekarang ini biasanya jalan tol, terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara dipenuhi pengendara dengan berbagai moda transportasi yang gak kalah padatnya sama musim mudik lebaran dan long weekend. Hampir seluruh warga yang bekerja di perkotaan dan berasal dari daerah, selalu menyempatkan untuk mudik atau pulang kampung ke daerahnya untuk bersilaturahmi dengan orang tua, keluarga dan tetangga di daerahnya yang jarang bertemu.

2. Maaf-maafan
Kalo mudik pas munggahan yang dilakukan utama biasanya bermaaf-maafan sebelum menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Meskipun kekinian sudah era teknologi canggih, bagi sebagian umat Islam di daerah merasa kurang afdol jika bermaafaannya tidak langsung. Bahkan bermaaf-maafan saat munggahan ini menjadi tradisi wajib yang harus dilakukan. Jadi mudiknya bukan hanya setahun sekali ya Sob. hehehe..

3. Ziarah
Selain silatuahmi kepada keluarga dan tetangga, saat mudik juga diisi dengan berziarah. Biasanya kita berziarah untuk mendoakan orang tua, kakek nenek atau buyut yang telah lebih dahulu mendoakan kita. Warga di berbagai daerah, ziarah juga sudah dianggap tradisi wajib yang harus dilakuin saat munggahan. Gak afdol rasanya kalo bulan puasa belum berziarah.

4. Mandi Bersama dan Berwisata
source: pikiranrakyat

Eits, Sobat jangan mikir ngeres dulu ya.. hahaha.. Mandi bersama ini maksudnya mandinya bareng-bareng banyak warga yang biasanya dilakukan di sungai atau kolam renang. Katanya sih supaya menyucikan tubuh kita dan bisa membuat segar n semangat dalam menghadapi puasa satu bulan penuh. Tak jarang di berbagai daerah sungai dan tempat pemandian umum seperti kolam renang penuh dikunjungi warga beberapa hari sebelum puasa. Selain itu juga biasanya diisi dengan berwisata seperti ke pantai sambil mandi atau renang bersama. Katanya sih kesempatan sebelum bulan puasa tiba, karena kalo bulan puasanya jadi males n haus untuk keluar rumah atau traveling. Yang jomblo sih pasti seneng banget tuh karena jadi moment mencari jodoh. hahaha.. becanda MBLO..

5. Keramasan
Berbeda dengan di Jawa Barat dan sebagian Banten, di daerah Mimin pada satu atau dua hari sebelum bulan puasa biasanya disebut dengan keramasan. Maksudnya bukan sampoan ya Sob.. hehehe.. Tradisi keramasan ini isinya ngeriung (ngariung) begitu pada sore hari. Warga membuat beberapa makanan di dalam besek (tempat nasi) yang isinya nasi, lauk pauk dan sayuran lalu di bawah ke masjid atau musholla untuk didoakan n dibagikan ke warga juga. Intinya kata Pak Ustad sebagai bentuk rasa syukur kita bahwa Bulan Puasa telah tiba dan mendoakan kelancaran kita dalam beribadah puasa sebulan penuh. Makanannya bisa disantap untuk makan malam atau sahur pertama.

6. Makan-makan
Ini yang wajib banget dalam tradisi munggahan.. Sekalian mudik, menziarahi keluarga yang udah meninggal dan maaf-maafan, biasanya juga diisi dengan makan bersama keluarga, tetangga atau teman. Untuk mempererat tali silaturahmi katanya.. Bagus banget untuk ditiru tradisi munggahan yang satu ini deh Sob.. Sekalian aja munggahan makan bersama barisan para mantan, MBLO. hahaha..

Gimana Sob, munggahan dalam bentuk gimana yang biasanya Sobat lakuin? Atau di daerah Sobat ada bentuk tradisi lainnya? Atau ada istilah lain bukan munggahan? Share ke Mimin dan Sobat Kepooo lainnya di kolom komentar bawah yaps. (SB)

header picture source: dailymoslem

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe