Kepoooin Nih

Sunday, May 14, 2017

Tips Menghemat Pengeluaran Buat Mahasiswa/i Anak Kostan

Buat Sobat yang kuliah di luar kota atau dalam kota dengan alasan jarak rumah cukup jauh dan gak mau terlambat dari kampus, biasanya memutuskan untuk ngekost. Sudah pasti Sobat harus pintar-pintar mengelola pengeluaran supaya di akhir bulan tidak pusing dan sengsara. hehehe.. Kalau bonyok Sobat orang tajir sih gak jadi masalah, tapi kalau uang bulanan Sobat dikasih hanya terbilang cukup karena kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan, pastinya harus pinter juga otak putar kan Sob? Nah ini beberapa tips untuk kalian ngakalin supaya menghemat pengeluaran selama ngekost.

1. Kurang-kurangin Nongki
Biasanya kalau awal-awal ngekost sebagai mahasiswa, rasanya pengen maen mulu nongki sama teman-teman. Wajar, kalian pasti ngerasa bebas karena bonyok gak mantau aktivitas kalian. Tapi meskipun bebas gak dipantau bonyok, kalian jangan banyak maen apalagi berbuat yang buruk ya Sob.. Nah, pertama tipsnya jangan keseringan nongki sama temen. Apalagi menu yang Sobat pesan atau nongki yang di tempat mahal. “Aku pesen air tajin (cucian beras) 1 aja, Mas” T_T

2. Kurang-kurangin Ngedate
Udah pasti bonyok ngasih kalian uang bulanan utamanya untuk makan dan keperluan tugas kuliah ya Sob, gak ada anggaran untuk ngedate sama doi. Tapi gimana kalo kalian punya doi yang pastinya selalu jalan terutama saat weekend? Khusus Sobat cowok nih. Kurang-kurangin deh Sob.. Kecuali kalo Sobat ngedatenya bukan di café-café atau tempat yang mahal, contohnya ngedate di atas jembatan makannya tahu bulat wakwaw 500an digoreng dadakan terus minumnya es teh sisri gula batu. hahaha..

3. Saling Pengertian Pengeluaran Ngedate Sama Doi
Masih khusus untuk Sobat cowok anak kostan nih.. Namanya juga anak ngekost yang masih disubsidi bulanan terus sama bonyok untuk keperluan ini-itu. Kasih pengertian sama doi kalo Sobat dikasih uang bulanannya gak banyak, gak bisa nraktir doi terus tiap ngedate dan kalau ngedate bayarnya harus saling atau bayar sendiri-sendiri sama doi. Gak usah malu Sob, jujur aja.. Apalagi kalo doi juga mahasiswi anak kostan, pasti ngerti. Daripada Sobat maksain ngedate tapi gak bisa bayar? Bisa-bisa abis ngedate disuruh nyuci piring sama owner cafenya. hahaha..

4. Nyuci di Rumah Teman atau Si Doi
Weekend buat anak kostan biasanya bukan berate full libur kan Sob? Libur buat anak kostan biasanya dijadikan #NyuciDay hehehe.. Biasanya Sobat Kepooo cowok paling males kalo nyuci atau nyucinya asal-asalan. Ngaku aja deh Sob.. hehehe.. Tipsnya, Sobat bisa memanfaatkan teman dekat atau doi yang penduduk kota setempat biar bisa nyuci pake mesin cucinya. Kan gak capek ngucek-ngucek, jemur-jemur kek penonton bayaran acara musik TV pagi tuh. hahaha.. Syukur-syukur sekalian nebeng nyetrika juga. Kan hemat untuk pengeluaran laundry tuh Sob. hahaha.. Tapi tetep ya Sob.. harus ngasih feedback, traktir es teh sisri gula batu, kek. hahaha..

5. Nugas di Rumah or Kostan Temen
Tugas kampus datang bertubi-tubi, selain bikin capek n pusing harus begadang nugas, pengeluaran seperti beli kertas, ngeprint dan ngejilid makalah or skripsi juga bikin gak nafsu makan. hehehe.. Sabar Sob.. bikin tugas di tugas di rumah or kostan temen aja yang tajir.. jadi pengeluaran bisa hemat banget tuh. Gak usah mikirin uang beli kertas dan ngeprint, paling keluar duit untuk ngejilid aja.. Apalagi kalo bonyok temen baik banget sampe ngasih makan, bisa menang banyak tuh. hahaha..
6. Ngirit Makan dan Ngemil
Sebagai mahasiswa/i, ngekost dan jauh dari ortu emang gak sepuas makan yang ada di rumah sendiri. Sobat harus ngirit biaya makan, baik dari porsi dan menunya. Yang biasanya Sobat makan 5x sehari pagi, siang, sore, malam dan tengah malam di rumah, di kostan cukup 3x sehari aja. Menu juga harus ngirit, pake 3 T cukup. Telur, Tempe, Tahu bulat wakwaw. hehehe.. Sesekali boleh makan mie instan, tapi jangan sering ya Sob. Gak baik untuk kesehatan. Saran Mimin kalian masak sendiri kalo punya rice cooker. Kalao gak punya, barengan sama temen sekostan yang punya, tingal pete-pete beli beras. Tips menghemat biaya makan setiap hari lebih baik daripada Sobat makan dengan menu yang mahal-mahal pas awal bulan, tapi makan mie instan terus di akhir bulan. hehehe.. Kurangin ngemil juga tuh Sob. Contohnya jangan sering ngemil pizza dan spageti, belinya pizza mini yang dijual di warung-warung dan anggep aja mie instan berasa spageti. hahaha..

7. Manfaatin Lebih Alat Eletronik yang Sobat Punya
Sobat punya setrika dan rice cooker? Nah.. dengan 2 alat eletronik itu aja Sobat bisa ngirit banyak lho Sob. Rice cooker selain untuk masak nasi, Sobat bisa masak macem-macem seperti masak mie, ngerebus air, dll. Jadi gak usah ke café cuma untuk makan mie instan.. Terus setrika selain untuk menyetrika pakaian, Sobat bisa pake untuk memanaskan sarden, bikin sosis dan roti bakar. hahaha.. Gak percaya? Nih baca Sob..

8. Nebeng PP Kampus-Kostan sama Temen
Kalao jarak kampus sama kostan deket sih jalan kaki aja.. Kalo agak jauh gimana? Apalagi kalo Sobat kesiangan buru-buru ngampus dan dosennya “killer”. Capek juga kalo harus jalan kaki PP kampus-kostan. Bisa-bisa betis Sobat jadi kek betis pemain sepakbola. hahaha.. Sobat bisa nebeng sama teman sekelas yang pergi dan pulangnya searah.. Ngirit ongkos ngangkot or ojek online tuh.. Teman juga pasti ngertiin kalo Sobat pengen menghemat pengeluaran kok.. Apalagi di saat akhir bulan. Syedih.. huhuhu.. T_T

9. Manfaatin WiFi Gratis
Nugas nyari bahan harus donlot ini-itu butuh jaringan internet. Gak usah ke warnet.. Selain nugas di rumah or kostan teman, Sobat juga bisa manfaatin WiFi gratis kampus or tetring sama temen kalo WiFi kampus lemot. Bisi sepuasnya donlot ini-itu .. Jangan donlot yang macem-macem lho! U Know Lah.. hehe.. Tapi kalo tetring sama temen jangan ya Sob.. NYADAR DIRI LAH.. Emangnya kuota internet temen Sobat anggap WiFi kampus.. hahaha.. Bisi ngirit kuota untuk smart phone Sobat juga saat di kampus or rumah teman yang punya fasilitas WiFi di rumahnya tuh.. Atau donlotan or nugas di parkiran café yang ada free WiFinya aja.. Awas diusir sama satpam cafenya, Sob! hahaha..

10. Nyari Acara Pernikahan Gratis
Sering-sering mantau sekitar kostan Sobat atau teman yang ada acara nikahan gratis. Kalo gak, rajin keliling jalan sambil lihat-lihat pinggir jalan siapa tau ada janur melengkung. Lebih pasti sering lewat di resto, ballroom dan hotel yang biasa menjadi tempat resepsi pernikahan dalam keadaan Sobat udah rapih menghadiri acara pernikahan. Bodo amat gak peduli kenal atau gak pasangan pengantin yang dihadiri, yang penting makan grateeesss.. hahahaha..

Nah itu Sob beberapa tips menghemat pengeluaran untuk Sobat mahasiswa/i yang ngekost dan uang bulanannya terbilang pas-pasan.. Semoga bermanfaat dan bisa kalian praktekkin. Sobat mahasiswa/i dan ngekost juga? Share ke Mimin dong tips-tips lainnya.. Tulis di kolom komentar bawah yaps. (SB)

picture source: haloponsel

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe