Kepoooin Nih

Saturday, May 20, 2017

Tau Gak Sih Arti Nama dan Sejarah Makanan yang Suka Sobat Makan? Nih..

Hey hey hey Sobat Kepoooo, kali ini Mimin gak kalah serunya bakalan bahas yang gak penting jadi penting. hehe.. Mimin ganteng bakalan bahas kuliner. Ya Allah pencitraan ganteng L tapi serius Mimin mau bahas makanan. Pastinys Sobat Kepo pernah jajan makanan kan? Tau gak Sob, kalo jajanan yang kita liat gak sekadar namanya doang tapi itu ada artinya lho..

1. Batagor
Sobat Kepooo tau kan makanan dari Bandung ini? Luar biasa enaknya apalagi uhh bumbu kacangnya menggoda iman dan menggoda janda sebelah. hh, hahaha.. Batagor sendiri diambil dari kata
BA: Bakso
TA: Tahu
GOR: Goreng
Jadi batagor itu bakso tahu goreng, Sob. Tapi sekarang sih kebanyakan mamang batagor cuma tahu sedikit ditepungin ya Sob. Selain pake bumbu kacang, di daerah asalnya Bandung, batagor banyak dijual macam penyajian dengan kuah sop sapi sehingga disebut batagor kuah. Makyus..

2. Cuanki
Nah gak kalah enak dari batagor, cuanki ini paling enak lah menurut lidah Mimin. Makanan ini berasal dari Kota Bandung Sob. Bandung emang surganya kuliner ya Sob.. Cuanki tersebut diambil dari kata
C: Cari
U: Uang
An: Jalan
Ki: Kaki
Jadi Sob cuanki itu cari uang jalan kaki. Pantes Mamang cuanki betisnya gede-gede jalan mulu. hahaha.. Mending si mamang cuanki jalan dapet duit, kalo Mimin jalan mulu jadian kaga L

3. Es Doger
Ah ini es emang bikin seger. Gimana Mimin gak seger coba, minum es dogernya sambil cuci muka. hahaha.. Es doger ini cociks diminum siang hari apalagi bentar lagi bulan puasa, beuh makin cocok buat buka puasa. Sobat Kepooo tau gak kalo es doger itu diambil dari kata
Es: Es Serut
Do: Dorong
Ger: Gerobak

4. Cilok
Eit, bukan cinta lokasi Sob. hehehe.. Ini makanan asli Bandung. Sobat kepo udah pernah nyoba belum? Ini jajanan gak kalah enak sama  batagor atau cuanki. Cilok diambil dari kata
Ci: cilukba. Eh maap becanda L jangan baper ah. hehehe..
Ci: Aci
Lok: Dicolok
Nah jadi cilok itu aci dicolok Sob. Setelah cilok matang dikukus, cara penyajiannya kita harus mencolok cilok itu dengan lidi atau garpu. Kalu pake sendok makan sekaligus atau pake tangan, panas beud ya Sob.. Kalian bukan lagi main debus. hehehe..

5. Cibay
Nih jajanan enak beud, lumersss lahh bikin nagih gurihnya. Apalagi dimakannya siang-siang. Sobat Kepooo, Jajanan yang baru muncul beberapa tahun ke belakang khas dari Garut dan Tasikmalaya yang juga sudah ada di beberapa kota di luar Jawa Barat ini diambil dari kata
Ci: Aci
Bay: Ngambai atau meler gitu lah
Jadi Cibay itu aci ngambay. Di daerah lain di Jawa Barat juga menyebut akronim Cibay ini adalah aci ngabarabay, aci lebay dan cireng lebay. Cibay kekinian di dalamnya diizi dengan irisan sosis, daging ayam atau sapi dan aja juga yang menggunakan kuah menjadi cibay kuah, sesuai selera Sobat.

6. Cakwe
Makanan yang satu ini asal usul sejarahnya terkait dengan sejarah di negera Cina ya Sob. Hm.. pantes penyebutannya Cakwe bukan Cakkue (kuenya cak/mas Jawa Timur). hehehe.. Sejarah singkatnya, Cakwe ini diambil dari nama Qin Kuai (Chin Kwe) yang dibenci oleh Raja Gao dan rakyatnya karena dianggap pengkhianat kerajaan atau negara. Lalu ada warga Cina yang amat membenci Chin Kwe ini membuat makanan dari tepung terigu lalu digoreng sebagai simbol “menggorengnya” sosok Chin Kwe tersebut. Dahulu makanan ini dinamakan Yu –Zha (goreng dengan minyak) Qin Kuai, lalu diringkas menjadi Yu Zha Kuai (Hokkian Yu Cah Kwe) atau hantu yang digoreng, menjadi lebih singkat lagi Cah Kwe atau Yutiao (Mandarin). Di Cina, Cakwe disantap saat sarapan bersama susu kedelai, tapi di Indonesia dicocol pake saus sambal pedas, manis atau dicampur pakai mayones dan sering kita lihat cakwe sebagai irisan pelengkap bubur ayam. Kalau Cakwe berbentuk seperti bantal dan rasanya asin gurih, variannya pasti Sobat pernah dengar Odading kan? Yups, kalo Odading rasanya manis.

Itu Sob arti-arti makanan yang sering kalian makan. Sudah pada tau kan sekarang? Yuk ah kita kemon lanjut wisata kuliner khas Indonesia lagi.. Kalo Sobat mau nambahin penjelasan makanan di atas atau makanan lainnya, tulis di kolom komen bawah yaks. (DEZA)

picture source: cookpad diyah kuntari

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe