Kepoooin Nih

Wednesday, May 17, 2017

Setelah Lulus SMA, Milih Kuliah atau Kerja Sob? Ini Pertimbangannya

Selamat ya untuk adik-adik Mimin yang baru lulus SMA/SMK/MA.. Bagaimana planning ke depan nih Sob, mau kuliah atau kerja atau dua-duanya dijalanin bareng? Memang bingung sih Sob kalau memilih antara kuliah atau kerja apalagi sekaligus kuliah sambil kerja. Apalagi kalo keluarga Sobat ngebutuhin materi banget untuk memenuhi hidup sedangkan Sobat maunya fokus kuliah dulu. Kecuali yang sejak awal memilih fokus kuliah dulu saja sih gak bingung. Mimin kasih tips nih beberapa pertimbangannya biar gak bingung.

1. Milih Fokus Kuliah
·         Dari segi waktu, pastinya Sobat fokus ngejalanin kuliah karena gak ada yang Sobat pikirin. Tinggal kuliah aja yang bener ya Sob, jangan main-main seperti kerjaannya pacaran mulu terus kuliah sampe terbengkalai, apalagi sampe jadi MA (Mahasiswa Abadi). hehehe.. Amit-amit deh..

·         Urusan biaya kuliah, ortu sudah pasti menyiapkan dan mencari untuk anak-anaknya. Sobat udah gak pusing lagi. Tapi meskipun begitu Sobat jangan boros juga, apalagi kuliahnya ngekost, jurusannya membutuhkan biaya yang sangat besar dan kampusnya swasta bonafit, udah pasti ortu butuh biaya plus plus.

·         Siapa sih yang gak mau kuliah di kampus negeri elit yang sudah pasti kualitasnya (akreditasi) bagus? Kebanyakan masyarakat Indonesia, kalo soal tempat kuliah udah pasti mengutamakan memilih kampus negeri ternama. Kecuali ortu Sobat tajir tujuh turunan, mau kuliah di kampus swasta elit n MAHAL atau kuliah di luar negeri gak jadi pikiran.

·         Karena fokus kuliah, setelah Sobat lulus nanti resmi statusnya jadi PENGANGGURAN. Harus cepat cari kerja Sob.. Kecuali Sobat mau langsung lanjut ke S2. Saran Mimin begitu selesai sidang dan waktu nunggu wisuda, mulai cari dan melamar pekerjaan deh.. Untuk awal, Sobat jangan muluk-muluk pengen jabatan dan penghasilan tinggi. Karena Sobat belum punya pengalaman kerja sama sekali. Kalo mentok ke sana-sini udah usaha ngelamar tapi gak diterima, mau gak mau jadi wirausaha. Penghasilannya pasti lebih besar daripada pekerja atau karyawan. Membuka lapangan pekerjaan baru juga untuk orang lain.

2. Milih Fokus Kerja
·         Soal waktu karena Sobat memilih kerja dulu, ya tinggal fokus kerja. Fokus mencari nafkah dan karier, gak mikirin takut kesiangan masuk kelas pagi-pagi, tugas, PR, quiz, UTS, UAS, dll. hehehe..

·         Gaji atau honor yang Sobat dapet untuk biaya hidup, keluarga, beli rumah, kendaraan dan nikah. Tapi kalo Sobat pengen kuliah suatu saat nanti, saran Mimin mending nabung sejak awal Sobat masuk kerja. Karena biaya kuliah semakin ke depan pastinya semakin mahal beud.

·         Kerja di perusahaan elit atau gak, gaji besar atau sedikit, posisi jabatan tinggi atau rendah, karena baru pertama kali Sobat kerja n belum punya pengalaman, nikmatin aja.. Step by step Sob.. jangan muluk-muluk di zaman pengangguran sekarang di mana-mana.. Kalo ke depan pengen fokus kuliah (berhenti kerja) atau kerja sambil kuliah, mulai tuh cari-cari kampus yang cocok untuk kuliah nanti. Yang pastinya sesuai dengan penghasilan, jarak kampus ke rumah dan memilih jurusan. Soal milih jurusan, saran Mimin pilih jurusan yang menunjang pekerjaan Sobat untuk menambah ilmu lagi di tempat kerja. Contohnya kalo Sobat kerja jadi adminstrasi keuangan, pilih jurusan akuntansi. Jadi ilmu yang di dapat saat kuliah nanti benar-benar terpakai.

·         Kerjanya sebagai pekerja atau wirausaha, tekuni, fokus dan nikmati sebagai proses karier. Dan jangan malu jika suatu saat nanti Sobat memutuskan kuliah sambil kerja meskipun usia sudah tidak muda lagi, Kan sekarang banyak kampus yang membuka kelas karyawan malam dan weekend. Kecuali kampus-kampus negeri jarang membuka kelas karyawan atau malam, apalagi weekend. Juga kalau kampus negeri biasanya memberlakukan batas usia maksimal untuk pendidikan S1. Solusinya ya cari kampus swasta. Jangan sampe Sobat resign dari kerja untuk fokus kuliah ya Sob. Ke depan udah pasti nyari kerja itu susah kek jomblo karatan nyari jodoh. hahaha..

3   3. Kuliah Sambil Kerja
·         Membutuhkan uang untuk biaya hidup tapi pengen kuliah juga memang gak mudah menjalankan bersama. Apalagi waktunya harus terbagi-bagi. Terus kalo kerjanya sif-sifan yang harus kerja tidak terjadwal secara pasti (pagi - sore) lebih pusing lagi ngatur waktunya. Intinya harus pinter bagi waktu. Kalao kerjanya tidak sif-sifan atau selalu masuk Senin - Jum’at pulang sore, saran Mimin begitu jam bubaran kantor Sobat mandi di kantor supaya kuliah malamnya fresh, tidak ngantuk dan wangi. Kan kasian tuh kalo Sobat gak mandi nanti sekelas nyium BB Sobat yang semriwing. hahaha..

·         Biayanya harus terbagi-bagi pastinya. Tinggal pinter-pinter pemasukan dan pengeluaran aja untuk hidup dan kuliah Sob. Saran Mimin, sejak awal Sobat udah memperhitungkan biaya pokok kuliah per semester dan SKSnya. Atur juga biaya lain-lain seperti untuk keperluan tugas, jangan pas-pasan apalagi sampe gali lobang tutup lobangnya besar. Yang terpenting HARUS NABUNG!

·         Kalo Sobat lebih dulu diterima kerja sih gampang, Sobat tinggal pilih jurusan yang cocok. Tapi kalau diterimanya bersamaa atau diterima dulu kuliah lalu diterima kerja yang ternyata jurusan kuliahnya gak nyambung, gak apa-apa jalanin aja.. Terus pilih kampus yang bisa menyesuaikan jam kerja. Rata-rata sih kampus swasta membuka kelas malam dan weekend untuk para karyawan. Kecuali negeri ya Sob, udah jarang. Cari kampus swasta yang sesuai dengan pendapatan dan jarak kampus dengan rumah atau kantor. Supaya tidak telat ngampusnya. Kualitas jurusan dan kampus juga harus dipertimbangkan.. jangan asal kuliah untuk cari gelar aja..

·         Selain waktu, fokus juga terpecah antara kuliah dan kerja. Ya udah resiko pilihan yang harus Sobat jalanin. Jangan ngeluh capek, pusing dan ini itu.. Jalanin aja Sob.. Atur waktu kerja dengan kuliah dan nugas kampus. Jangan buat tugas mendadak atau ditunda-tunda. Apalagi sampe nugasnya saat meeting sama para boss. Bisa di SP nanti.. hahaha..

Tuh Sob beberapa pertimbangannya.. Mimin serahin ke Sobat Kepooo semua untuk memilih yang mana. Yang pasti jangan sampe milih gak kuliah dan gak kerja ya! Mau jadi apa nanti? hehehe.. Sobat punya pengalaman soal ini? Share yuks ke Mimin dan Sobat Kepooo lainnya di kolom komentar bawah! (SB)

picture source: oh my! media

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe