Kepoooin Nih

Friday, May 26, 2017

Program TV yang Biasa Nemenin Sobat di Bulan Puasa Gak Bikin Gabut

Bulan Ramadhan (puasa) pastinya selalu ditunggu bagi Sobat yang beragama Islam, tak terkecuali Sobat Kepooo yang berusia muda. Apalagi saat ini anak sekolah akan menjalankan UAS (Ujian Akhir Sekolah) semester genap atau UKK (Ujian Kenaikan Kelas) n setelah itu udah gak ada Kegiatan Belajar Mengajar lagi di sekolah. Program sekolah biasanya diisi dengan pesantren Ramadhan atau yang biasa disebut pesantren kilat yang berisi pengajaran tentang agama Islam sambil nunggu pembagian rapot.

Gak adanya kegiatan full di sekolah seperti hari biasa membuat anak sekolah gabut juga saat menjalankan puasa di rumah. Tapi tenang Sob, biasanya program-program TV saat bulan puasa memanjakan Sobat dan menarik ditonton, terutama soal keagamaan. Ini nih program-program TV langganan yang biasanya hadir di saat bulan puasa. Cekibrooottt..

1. Komedi
Sudah menjadi langganan hampir semua stasiun televisi menghadirkan program komedi untuk menemani Sobat santap sahur dan beberapa stasiun TV juga menampilkan saat buka puasa. Alasan dari pihak TV sih katanya supaya pemirsanya bisa tertawa sehingga tidak ngantuk saat sahur. Alasannya sih baik.. tapi konten komedi tersebut jauh dari keagamaan dan bahkan parahnya sering menampilkan peran yang kebanci-bancian yang tidak mendidik ABG, remaja dan anak muda Indonesia terutama Sobat Kepooo. Hmm.. semoga program-program komedi saat bulan puasa tahun ini berubah ya, Sob..

2. Sejarah Islam
Beberapa tahun ke belakang ini bukan hanya satu stasiun TV saja yang menghadirkan program sejarah Islam, tapi beberapa stasiun TV lainnya juga mengikutinya. Biasanya program sejarah Islam ini menceritakan perjalanan dakwah Rasulullah Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya dalam menyebarkan ajaran  Agama Islam ke seluruh penjuru dunia. Ini baru program yang berkualitas dan sangat layak untuk ditonton Sobat Kepooo yang muslim..

3. Traveling ke Negara Jazirah Islam
Nah kalo biasanya setiap weekend beberapa stasiun TV menayangkan traveling ke berbagai daerah Indonesia dan luar negeri, ini juga hampir mirip dengan program TV tentang sejarah Islam. Program TV yang satu ini pihak TV jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia maupun ke negara luar negeri dalam penyebaran Islam, baik yang disebarkan pada zaman Rasulullah hingga zaman Kekhalifahan Utsmaniyah (Turki Utsmani) maupun setelahnya hingga detik ini, dan baik di Timur Tengah (Asia Barat) maupun di benua lainnya tak terkecuali Eropa. Sebut saja Turki, Balkan dan Andaluasia (sekarang Spanyol) yang dulu pada zaman Kekhalifahan Umayah warganya mayoritas beragama Islam. Program-programnya selain menampilkan bekas bangunan peninggalan sejarah Islam, sampe dengan kebiasaan muslim setempat yang tentunya berbeda dengan muslim di Indonesia. Masya Allah..

4. Ajang Pencarian Bakat Penceramah
Inovasi tim kreatif stasiun TV memang tidak ada habisnya. Kalo biasanya di luar Bulan Ramadhan kita disuguhkan ajang pencarian bakat menyanyi, sulap dan bakat lainnya, di bulan puasa stasiun TV menyajikan ajang pencarian bakat penceramah. Sebetulnya program ini telah digelar salah satu stasiun TV pada awal tahun 2000an lalu “mati suri” dengan usia peserta dewasa, namun beberapa tahun kemarin program ini hadir kembali khusus untuk anak kecil. Program ini lalu diikuti di berbagai daerah dari tingkat RT hingga provinsi.

5. Sinetron
Bulan puasa atau biasa, program sinetron sepertinya jadi program wajib hampir seluruh stasiun TV ya Sob. Judul dan sound tracknya sih religi.. tapi alur ceritanya gitu-gitu aja ada si baik dan jahat. Juga terkadang sangat jauh dari konten Islami. Selain ditayangkan sore hari hingga setelah berbuka puasa, sinetron ditempatkan saat waktu Sholat Tarawih. Emak-emak yang suka sinetron jadi pada males Tarawihan deh karena ceritanya lagi seru. hehehe.. Gak ada bedanya ya Sob, gitu-gitu aja terus sampe Jakarta turun salju. hahaha..

6. Ceramah Singkat
Entah sejak kapan program ceramah singkat atau yang sering kita menyebut kultum (kuliah tujuh menit) ini hadir. Hampir semua stasiun TV menyuguhkan ceramah singkat beberapa menit sebelum berbuka puasa. Mimin pernah iseng ngitung, durasinya sebenarnya gak tepat 7 menit sih, kadang durasinya 6 menit 59 detik atau 7 menit 1 detik. hehehe.. Program ini juga jadi patokan sebentar lagi waktu berbuka puasa (terutama Sobat yang di Jakarta) sudah tiba ya Sob.. Jadi gak bakal telat buaka puasanya kek sahur. hahaha..

7. Menghafal Al-Qur’an
Kalo nonton anak kecil pada program pencarian bakat menghafal Al-Qur’an di TV rasanya sejuuuk.. di hati kaya puasa tapi stay di dalem kulkas terus. hehehe.. Siapa coba yang gak mau bisa menghafal Al-Qur’an seperti adik-adik kita di TV, pasti mau kan? Gak ada kata terlambat untuk menghafal Al-Qur’an, Sob.. Seperti program ajang pencarian bakat penceramah yang mulai ada sejak lima tahun terakhir, program ini juga menjadi inspirasi di daerah-daerah untuk menggelar program serupa. Termasuk di dalam keluarga muslim, Abi dan Uminya mulai melatih anak-anaknya sejak dini untuk mengahafal AL-Qur’an. Masya Allah..

Nah itu Sob beberapa program-program TVnya. Gimana, bulan puasa ini gak bakal gabut n mager di kasur aja kan Sob? Ayo.. puasa jangan dijadiin alesan untuk mager dan molor terus Sob.. Sobat mau nambahin program TV lainnya yang jadi favorit menemani selama bulan puasa? Tulis di komen bawah ya Sobat Kepooo akhi dan ukti.. hehehe.. (SB)

picture source: trans7

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe