Kepoooin Nih

Tuesday, May 30, 2017

Nih 9 Kegiatan Anak Kecil Khas Bulan Puasa. Sobat Pernah Lakuin yang Mana?

Bulan puasa biasanya selalu ditunggu oleh anak kecil sebagai waktu bermain lebih lama dibandingkan bulan biasanya. Waktu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat bulan puasa pun biasanya dikurangi dan mereka pulang lebih awal. Kesempatan itu menjadi anak-anak kecil sekarang untuk bermain termasuk kita dulu pernah melakukannya. Nih..

1. Main Meriam Bambu
source: ferboes

Setiap bulan puasa anak-anak kecil di daerah terutama di Jawa Barat saat bulan puasa masih melestarikan tradisi bermain meriam bambu ini. Di beberapa daerah penyebutan meriam bamboo berbeda-beda, seperti Bedil Lodong di Jawa Barat, Bedil Bambu di Bangka Belitung, Meriam Betung (Badia Batuang) di warga Minangkabau, di Jogja, Jateng dan Jatim dikenal dengan mercon atau long bumbung dan di daerah Mimin disebut Bebeledogan. hehe.. Meriam Bambu ini terbuat dari bambu dan memerlukan karbit dan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Permainan ini biasa dimainkan sore hari sambil menanti bedug buka puasa. Tapi sayang Sob, kekinian sudah jarang kita temui permainan ini karena berbagai faktor seperti langkanya minyak tanah dan anak kecil sekarang pada main gadget L

2. Main Pistol Bambu atau Pletokan
source: jogja culture and tourism

Pasti Sobat yang dulu SDnya angkatan 90an masih inget permainan ini kan? hehehe.. Yaps, permainan ini selalu dijual abang-abang mainan di SD terutama saat menjelang bulan puasa. Sama dengan meriam bambu, pistol bambu ini juga terbauat dari bamboo namun dengan diameter yang kecil atau bamboo muda. Gak perlu minyak tanah atau karbir, karena senjatanya mudah dibuat yaitu kertas lalu dibasahi beberapa menit dan masukkan pada lubang belakang. Padatkan kertas tersebut dengan cara diketok-ketokkan. Cara nembaknya dengan menyodok dengan bambu lainnya.

3. Main Bola di Sawah
source: dunia anak

Gak afdol rasanya kalo puasa gak maen bola. Tapi beda dengan pemain bola profesional yang bermain di atas rumput hijau, anak-anak kecil bermainnya di sawah yang tidak ditanami padi. Meskipun terasa berat dalam menggocek bola di atas tanah lumpur sawah, justeru itu keseruannya. Biasanya permainan ini dimainkan sore hari sebagai waktu ngabuburit. Tidak ada wasit dalam permainan ini, karena waktu habis (full time) ditentukan adzan maghrib yang akan berkumandang di masjid atau musholla setempat dan mereka kompak pulang ke rumah masing-masing untuk berbuka puasa. hehehe..

4. Main Petasan
source: kumeme

Dari dulu sampe sekarang masih jadi misteri kenapa petasan selalu ada di bulan puasa. Mungkin pembuatnya tau kalo anak-anak kecil pasti suka bermain petasan saat bulan puasa. Berbeda dengan kembang api yang selalu hadir saat akhir bulan Desember, petasan yang jadi favorit mereka biasanya petasan korek, kobrak, banting, dll. Tapi harus hati-hati mainnya ya Sob.. jangan lempar petasannya ke teman Sobat, BAHAYA! Apalagi kalo petasannya diganti sama gas LPG. Mau bunuh diri? hahaha..

5. Nyuri Mangga Tetangga
source: masakecilku

Kalo petasannya udah abis gak begitu aja langsung pulang. Biasanya anak-anak kecil berkeliling kampung mencari mangsa buah-buahan seperti mangga, jambu, dll punya tetangga untuk dimakan saat buka puasa nanti. Namanya juga anak kecil masih masa nakal-nakalnya, dengan alesan gak tahan laper dan kegoda, langsung hajar aja dimakan bleh.. hahaha.. Jangan ditiru ya Sob.. mencuri dan sengaja membatalkan puasa itu gak boleh kata Pak Ustad..

6. Pistol Mainan
source: bukalapak

Sobat yang pernah ngerasain main ini berati masa kecilnya bahagia. hehehe.. Pistol mainan ini banyak dijual abang mainan di SD SD saat bulan puasa. Tau sendiri anak kecil seneng banget sama mainan, pasti laku dibeli. hehehe.. Tapi suaranya bising di telinga ya Sob. Makanya nembaknya posisi tangan harus diulurkan dan sambil tutup telinga supaya gak bising.
source: bukalapak

Ada juga pistol yang menggunakan peluru bulat kecil yang terbuat dari plastik. Pistol mainan ini berbahaya karena jika diarahkan ke badan akan menimbulkan bentol merah. Atau jika terkena mata lawan bisa menimbulkan kebutaan. Makanya sekarang sudah jarang pistol mainan ini beredar karena dilarang pemerintah dan polisi.

7. Petak Umpet
source: amazing video line

Sore hari biasanya anak kecil bermain sebagai kegiatan ngabuburit (menunggu waktu berbuka puasa tiba). Petak umpet selain bulan puasa juga biasa anak kecil lakukan, tapi bedanya saat bulan puasa dijadikan permainan jahil. Di mana yang menjaga pos harus mencari teman-temannya yang lain untuk dijambal atau jitul di pos. Tapi uniknya saat bulan puasa, teman-temannya susah dicari karena mereka kabur ke rumah masing-masing untuk mandi sekaligus buka puasa dan tidak datang lagi di pos temannya yang menjaga. hahaha.. Sobat pasti pernah melakukannya kan?

8. Keliling Bangunin Warga Sahur
source: vebma

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi khas saat bulan puasa yaitu anak kecil keliling bangunin warga sekitar untuk sahur. Di daerah tradisi ini masih terus ada dan dilestarikan, bahkan semakin antusias dan dilombakan. Tidak hanya dengan alat seadanya seperti ember, wajan dan bedug, kekinian sudah menggunakan alat-alat musik modern supaya semakin semarak. Terkadang anak-anak kecil tidak tidak tidur sebelumnya alias sengaja begadang untuk mengikuti tradisi ini. Anak-anak kecil ini berjasa banget bangunin sahur para jomblo ya. hehehe..

9. Minta Tanda Tangan Imam Sholat Tarawih
source: brilio

Dari dulu sampe sekarang anak-anak SD selalu diberikan buku Kegiatan Ramadhan yang isinya mencatat kegiatan ibadah mereka selama bulan Ramadhan seperti puasa, sholat 5 waktu, tarawih, ngaji atau tadarus, merangkum ceramah, dll. Sebagai tanda bukti kalo tarawih, di kolom buku tersebut diminta tanda tangan imam sholat tarawih. Setelah tarawih biasanya anak kecil berebut minta tanda tangan kepada sang imam. Sholat atau gak sholat yang penting minta tanda tangan.. hehehe..

Itu tadi Sob. Hayo.. dulu waktu kecil Sobat pernah ngelakuin yang mana aja saat bulan puasa begini? Yuk share sama Mimin dan Sobat Kepooo lainnya di kolom komen bawah, Sob. (SB)

header picture source: vebma

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe