Kepoooin Nih

Thursday, May 11, 2017

Ini Tanda-tandanya Bulan Puasa Sebentar Lagi

Bulan Puasa atau Ramadhan adalah salah satu bulan suci dan selalu ditungu-tunggu untuk umat Islam. Selama satu bulan penuh muslim seluruh dunia diwajibkan berpuasa, menahan lapar, haus dan nafsu. Bulan puasa di Indonesia ditetapkan Kementerian Agama bersama ormas Islam dengan melihat pergerakan bulan muda (hilal/sabit) sebagai tanda awal bulan puasa yang kita ketahui sebagai Sidang Isbat pada H-2 atau 1 sebelum hari pertama puasa. Tapi sebelum Sidang Isbat, beberapa minggu sebelum bulan puasa masyarakat Indonesia sudah pada tau tanda-tandanya. Nih simak, cekibrooottt..

1. Timun Suri, Kolang-kaling dan Mutiara
Beberrapa hari ini Mimin lewat di pasar tradisional dan masuk supermarket di mall sudah mulai menjual timun suri meskipun bulan puasa baru beberapa minggu lagi. Ya.. meskipun banyak yang menjual baru setengah mateng dan saat bulan puasa tiba timun suri itu sudah mateng. Timun suri cocok dimakan langsung dengan dicampur dengan gula pasir dalam keadaan dingin atau jadi bahan campuran berbagai makanan takjil. Sebagian masyarakat Indonesia menilai, buka puasa tanpa timun suri bagai sayur tanpa garam. hehe.. Karena khasiat timun suri bisa membuat tenggorokan dan badan segar setelah setengah hari berpuasa, timun suri selalu diburu masyarakat untuk dijadikan menu favorit takjil. Selain itu teman-temannya juga seperti kolang-kaling dan biji mutiara (daerah lain menyebut sekuteng) juga sudah cukup banyak dijual di pasar tradisional.

2. Iklan Sarung
Puasa aja belum, sudah banyak iklan sarung di beberapa stasiun TV. Lebaran masih lama brosis.. hahaha.. Mungkin pabrik-pabrik sarung itu pengen selain ingin sarungnya dipake saat sholat id, juga ingin masyarakat memakai produk sarungnya dipake saat bulan puasa terutama sholat tarawih, jadi ngiklaninnya jauh-jauh hari. hehehe.. BTW, jarang ada iklan baju koko (taqwa) dan peci (kopiah) yang sepaket dipake sama sarung ya Sob? hehe..

3. Rilis Lagu Religi
Apapun genre musik bandnya, banyak grup band berlomba-lomba rilis lagu religi beberapa minggu sebelum bulan puasa. Tapi ITU DULU.. sekarang mah udah jarang Sob. Yaeyalah program-program musik di TV sekarang udah berubah jadi program yang GEJE, kontennya lebih banyak gosyip, kuis dan ngelawak saling bully gitu, daripada musiknya. hadeuh.. L Kalau dulu kita sering nunggu grup band seperti Wali, Ungu dan D’Masiv atau duo vokal Hadad Alwi dan Sulis yang cukup produktif merilis lagu-lagu religi terbaru sebelum bulan puasa. Tapi tenang, Bang Haji Opik masih terus konsisten merilis lagu-lagu religi terbaru sampe sekarang tuh Sob.. Kalau denger lagunya saat bulan puasa, sejuuukkk di hati. hahaha..

4. Program-program TV dengan Sound Track Lagu Religi
Dulu sih program-program TV khusus bulan puasa baru mulai saat hari pertama bulan puasa sampe Lebaran, tapi beberapa tahun belakangan ini sudah mulai sebelum puasa terutama sinetron. Menariknya sound track yang dipake selalu lagu-lagu religi yang dinyanyikan Opik atau band-band yang sudah merilis lagu-lagu religinya mudah dihafal dan bikin adem hati yang baru diputusin doi. hahaha.. Tapi tetep sih Sob, sama kek sinetron di luar bulan puasa dengan jalan ceritanya mainstream tentang cinta-cintaan juga ada tokoh si baik dan si jahat, jauh dari edukasi atau tentang Islamnya. Hmmm.. semoga bulan puasa tahun ini sinetron-sinetron bulan puasanya gak mainstream lagi ya Sob. BOSEN.. gitu-gitu mulu jalan ceritanya..

5. Iklan Sirup Marjan
Nah ini yang bikin Sobat pasti ngeuh kalo bulan puasa sebentar lagi. Sudah pasti iklan sirup Marjan ini berseliweran beberapa minggu sebelum bulan puasa, bahkan sejak dua bulan sebelumnya sampe setelah Lebaran. Mungkin pihak sirup Marjan ngasih pesan ke masyarakat bahwa bulan puasa sebentar lagi tiba dan harus cepat membeli sirupnya untuk stok buka puasa nanti. INI BUKAN IKLAN! hahaha.. Apalagi iklan ini beberapa tahun belakangan dikemas menjadi tiga edisi cerita bersambung, yaitu sebelum puasa, saat bulan puasa dan menjelang Lebaran. Selalu menarik jalan cerita iklan ini ditunggu dan masyarakat menebak-nebaknya jalan ccerita selanjutnya bakal gimana. hehehe..

Nah itu Sob tanda-tanda kalo bulan puasa sebentar lagi tiba. Jadi Sobat gak usah ngitung kalender berapa hari lagi kapan bulan puasa deh.. Etapi BTW bulan puasa nanti Sobat Kepooo udah pada punya samwan yang bakal bangunin sahur dan ngucapin “Met buka puaca eaa..” belum? Masih dibangunin sahur sama hansip yang suka keliling? Dan masih diucapin selamat berbuka puasa sama Sirup Marjan? hahaha.. NASIP.. T_T Apalagi tanda-tanda bulan puasa sebentar lagi nih Sob? Tambahin di kolom komentar bawah yaps.. (SB)

picture source: harianjogja

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe