Kepoooin Nih

Saturday, April 8, 2017

Yang Perlu Sobat Pahami Ketika Ingin Gabung dalam Komunitas

Pernah gak sih kalian pengen gabung di sebuah komunitas? Entah komunitas motor, bola, ibu-ibu PKK atau komunitas preman yang main bola bareng ibu ibu PKK. Asyik banget ya sepertinya kalau dibayangin ya Sobat Kepooo. Tapi jangan sampe nih Sobat salah jurusan masuk komunitas negatif seperti komunitas jualan gula putih, wadaw. Maksud Mimin, komunitas negatif yaitu komunitas yang bukan mebawa diri kita kebaikan tapi malah menjadikan diri kita pribadi yang nakal yang suka godain om-om. Gak kebanyang kalau Sobat Kepooo itu cowok godain om-om. Hiiiiii..

Nah kali ini Mimin mau bagi pengetahuan nih bagaimana cara kita untuk masuk ke komunitas agar nanti tidak ada istilah nyelenong aja boy. Jadi Sobat harus ada pemahaman nih untuk masuk di sebuah komunitas. Apa aja sih? Nih mimin kasih tau.

1. Komitmen
Komitmen itu sangat penting Sob, tanpa komitmen kita nih dari awal itu ibarat kita mau masak air tapi gak punya kompornya. Dalam setiap komunitas itu ada namanya pemimpin atau ketua. Karena komunitas itu organisasi, tanpa adanya pemimpin organisasi tersebut akan berantakan kaya cewek yang lagi pe-em-es terus digangguin sama cowoknya karena cowoknya lagi bawa gebetannya. Ketua di komunitas itu sendiri juga gak mau Sobat kalo di komunitasnya ada membernya yang cuma ingin numpang di komunitas tersebut. Pokoknya jangan sampe Sobat dicap jelek oleh ketua atau member lain karena Sobat komitmennya gak ada. Gabung hari Sabtu di komunitas, tapi hari Senin langsung keluar? Enggak banget deh.

2. Waktu
Nah ketika Sobat udah gabung ke dalam komunitas, maka Sobat juga harus bisa membagi waktunya untuk komunitas baru Sobat. Ada istilah dalam sebuah komunitas namanya itu KOPDAR atau Kopi Darat, sebuah istilah yang bisa disebut ngumpul-ngumpul di tempat tongkrongan. Selain kopdar juga Sobat pasti bakal ketemu yang namanya Raisa lagi ngelem. Hehehe.. Becanda Sob, maksud Mimin ketemu untuk rapat internal di komunitas Sobat. Karena memang rapat di sebuah komunitas itu sangat penting untuk membawa komunitas kedepannya. Maka dari itu kita harus bisa nih pinter-pinter bagi waktu untuk komunitas baru kita. Kalau diajak untuk kumpul, kita sempatkan diri kita saja untuk datang walaupun hanya TORMUK (setor muka) saja.

3. Biaya
Masih ada sangkut pautnya nih sama poin di atas, dalam sebuah komunitas kita juga harus bisa mengorbankan biaya untuk komunitas. Biasanya sih biaya tersebut untuk dimasukkan ke dalam kas sobat. Memang dalam sebuah organisasi tanpa adanya uang, kas maka akan susah untuk organisasi tersebut maju. Uang kas itu ibarat tenaga lah buat komunitas itu. Untuk apa sih uang kas itu? Ya untuk beliin lem buat Raisa dong Sob. Aduh maaf mimin becanda. Ya buat kita sendiri juga dong, untuk kita dan kembali lagi ke kita. Ketika kopdar juga mulut bakal asem ya sobat kalau gak dikasih gorengan sama kopi item. Hehehe.. So, dibutuhkan uang kas Sobat untuk kemajuan komunitas Sobat.

4. Kontribusi
Ini juga gak kalah penting nih, tanpa adanya kontribusi atau ikut andil dalam mengembangkan komunitas kita, maka sampai kapan kita hanya berdiam saja buat komunitas? Apa hanya ingin mengandalkan ketua saja nih? Duh enggak banget ini mah. Jangan sampe nih kita cuma berpangku tangan saja Sob, mending mah berpangku sama Raisa. hehehe. Selain tiga hal diatas, kita juga dituntut konstribusi kita untuk komunitas, ketua juga butuh ide-ide dari membernya buat kemajuan bersama. Sobat hanya mampu memberi saran? Itu juga sudah termasuk konstribusi loh.

Nah setelah mengetahui nih point point diatas sebelum masuk komunitas, mulai sekarang terapkan ya Sob buat kalian yang mau atau ingin gabung ke komunitas. Efeknya bakal keren kalau Sobat sudah menerapkan point-poin di atas. Nantinya member atau ketua akan menilai positif sobat. Nah lama kelamaan Sobat bakal diangkat menjadi ketua. Tuh kan keren.. (AF)

Kalau Sobat mau nambahin, seperti biasa ketik di kolom Komen yaps.

picture source: kabarmlg

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe