Kepoooin Nih

Monday, April 3, 2017

5 Ciri Yang Menandakan Sobat Seorang Bigot, Jangan Sampai Kamu Salah Satunya

Sobat Kepooo pernah denger istilah Bigot? Secara pengucapan istilah ini mungkin terdengar seperti Bigfoot, makhluk misterius yang konon wujudnya mirip seperti kera dan beberapa kali terlihat di hutan-hutan wilayah Amerika. Namun sebenarnya kedua hal tersebut mengacu pada 2 hal berbeda, secara harfiah Bigot berarti orang yang membenci nilai-nilai dalam diversitas dan merasa dirinya perwakilan utama dari jenis, golongan, maupun agama yang dianggapnya paling benar di dunia.

Bigot atau dalam paham bahasa asingnya disebut Bigotry kini telah dianggap sebagai sebuah penyakit sosial yang serius sebab orang-orang yang secara fundamental meyakini bahwa apa yang dilakukan dirinya beserta kelompoknya adalah benar, cenderung memandang sebelah mata pada perbedaan dan kerap bersikap anarkis bila ada kelompok yang bersebrangan.

Lalu, bagaimana cara mengenali bahwa seseorang adalah Bigot? Ini nih 5 ciri yang menandakan seseorang adalah Bigot.

1. Mudah Didoktrin Tren Baru
Kalau kamu sering surfing di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dsb. Kamu pasti sering menemukan orang-orang yang selalu Up-To-Date soal gaya. Biasanya mereka yang senang tampil kekinian punya role model dalam penampilannya, bahkan ada yang menjadikan tokoh fiktif sebagai influence mereka dalam berpenampilan. Mereka yang terobsesi sang idola pasti akan mengalami fase "Stalking" dimana pada fase ini mereka akan mencari tau segala hal yang dibawa idolanya terutama soal fashion dan gaya hidup.

Bagi orang-orang yang tidak kritis dalam berpikir pastinya akan ikut-ikut saja bila sang idola memperkenalkan kultur baru dalam budaya berpenampilan serta gaya hidup tanpa mempertimbangkan benar atau salah, boleh atau tidak, baik atau buruk kultur tersebut dibawa di lingkungan sehari-hari mereka. “Personel girl bandnya cantik ya ditambah pake sepatu boots panjang.. Aku make juga ah untuk sekolah..”

2. Fanatik, Tapi Cuma Ikut-Ikutan
Fanatisme mungkin adalah ciri yang paling kasat mata dari seorang Bigot sebab orang-orang seperti inilah yang paling mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita. Di tongkrongan, di lingkungan kampus, atau bahkan di lingkungan yang baru kira kenal. Mereka yang punya sifat fanatisme cuma karna ikut-ikutan biasanya bakal "Defensif" kalau ada orang yang coba mencela hal yang mereka ikuti atau suka secara berlebihan, respon paling parahnya mungkin mereka akan memusuhi yang tidak mau sepaham dengan mereka karena bagaimanapun mereka punya gengsi agar tidak kelihatan bodoh sudah mengikuti atau membela sesuatu yang salah. “Temen-temen kostan gue pada ngefans Barca, gue juga ikutan ngefans ah biar gampang dapet cewek di tempat nobar”

3. Masuk Telinga Kanan, Keluar Telinga Kiri
Mereka yang sulit menerima pendapat yang datang dari luar dirinya atau golongannya biasanya tidak mau repot-repot mempertimbangkan kebenaran dari pendapat yang datang bukan dari kelompoknya sebab kepalanya sudah dipenuhi dogma yang diterimanya selama dia berada dalam kelompoknya tersebut. Sederhananya, bila ada golongan atau kelompok lain yang tidak sepaham dengan golongan atau kelompoknya sendiri maka ia akan langsung beranggapan bahwa pendapat tersebut salah tanpa mencari tau terlebih dahulu nilai kebenarannya. “EGP orang mau ngomong apa, yang penting model rambut gue sama idol gue”

4. Toleransinya Nol
Mereka yang secara psikologis memiliki kelainan sebagai Bigot sama sekali tidak memiliki rasa toleransi terhadap golongan atau kelompok lain yang memiliki paham berbeda dengan golongan atau kelompoknya sendiri. Kesombongan dalam dirinya untuk tidak mendengarkan pendapat yang datang dari orang lain yang membuatnya sama sekali tidak memiliki keterbukaan terhadap perbedaan. Benar atau salah, apapun yang datang dari kelompoknya akan selalu dianggapnya benar meskipun harus bertindak anarkis untuk mempertahankan hal tersebut. “Eh Lo suka sama girl band ini tapi gak mau ngikutin gaya pakaiannya. Lo gue keluarin dari anggota fanbase ini!”

5. Selalu Berpikir Sempit dan Picik
Untuk mempertahankan eksistensi dari golongan atau kelompoknya, semua cara pasti dilakukan agar kelompoknya selalu terlihat paling benar bahkan terkadang cara-cara yang tidak lazim pun pasti seringkali terlintas dalam pemikiran seorang Bigot tanpa mempertimbangkan akibat dari apa yang akan dilakukannya nanti. Memfitnah, menghasut, dsb. Merupakan hal yang mungkin biasa dilakukannya sebab seperti yang sudah dijelaskan di point 4 bahwa kelompok yang di pihaknya akan selalu dianggap benar olehnya. “Dia sering banget gonta-ganti ngefans grup idol. Kita serang yuk ke sekolahnya!”

Nah, itu tadi adalah 5 Ciri Yang Menandakan Kamu Adalah Seorang Bigot. Apa salah satunya adalah Lo, Sob? Atau mungkin ada di diri teman, pacar dan orang tua Sobat? Share di kolom komen ya... (WF)

source picture: jpninfo

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe