Kepoooin Nih

Saturday, April 1, 2017

Hari ini April Mop. Sobat Tau Gak Sih Sejarah April Mop?

April Mop dirayakan warga dunia termasuk anak muda Indonesia setiap tanggal 1 April. April Mop yang juga disebut The April Fool’s Day adalah hari di mana Sobat dianggap boleh melakukan kebohongan dan lelucon kepada orang-orang yang mudah ditipu dengan tujuan mempermalukannya dan tanpa dianggap bersalah dengan alasan cuma iseng dan untuk hiburan. Tapi Sobat tau gak sih sejarahnya April Mop? Ada beberapa versi sejarah soal April Mop ini. Cekibrot..

1. Pembantaian Umat Islam di Andalusia (Spanyol)
Ini berkaitan dengan sejarah Perang Salib. Saat Andalusia (sekarang Spanyol) menjadi negara muslim sejak abad ke-8 M, negara-negara tetangga Andalusia tidak rela Islam semakin besar dan kuat di negara itu yang bisa mengancam populasi negara-negara lainnya. Umat Islam dibantai di negara itu, mayat-mayat bergelimpangan di jalanan bergenangan darah dan banyak yang bersembunyi di dalam rumah, hingga tersisa Kota Granda yang masih dikuasai muslim pada tahun 1487 M atau 892 H.

Tentara Salib mengumumkan kepada umat Islam yang masih bersembunyi di rumah untuk keluar dan memberitahukan bahwa tentara Salib telah menyediakan kapal-kapal laut untuk umat Islam yang akan dikirim keluar dari Granada dengan aman. Ribuan umat Islam yang masih tersisa berdatangan ke pelabuhan dan beberapa tidak mempercayainya tetap bersembunyi di rumah-rumah. Namun ternyata itu hanya tipuan dan lelucon belaka. Saat ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, mereka melihat rumah-rumah mereka dibumihanguskan oleh Tentara Salib dan yang masih bersembunyi di rumah-rumah tewas terpanggang hidup-hidup. Sementara yang sudah berkumpul di pelabuhan, kapal-kapal yang akan mengangkut mereka pun dibakar lalu tenggelam. Dengan satu komando pemimpin tentara Salib, ribuan umat Islam pun dibantai juga. Pada 2 Januari 1492, Kardinal Devider memasang salib di atas Istana Hamra, istana Kerajaan Nashiriyah di Spanyol sebagai bentuk proklamasi atas berakhirnya pemerintahan Islam di Spanyol. Kaum Muslimin dilarang menganut Islam dan dipaksa untuk murtad.

2. Merubah Penanggalan Kalender Masehi
Negara Perancis sejak tahun 1582 selalu memperingati April Mop di bawah pemerintahan Raja Charles IX. Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang semula 1 tahun terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi saat ini. Perayaan tahun baru semula dirayakan setiap 25 Maret hingga 1 April, dimajukan ke tanggal 1 Januari. Rakyat Perancis banyak yang menentang keputusan Paus itu. Warga yang mentang keputusan itu menetapkan perayaan 1 April sebagai tahun barunya. Perilaku mereka jadi bahan tertawaan oleh masyarakat lainnya yang meledek dengan cara memberikan lelucon palsu. Meskipun terus diejek, masyarakat Perancis terus bertingkah aneh setiap tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan. Pada tahun 1782 tradisi itu justru ditiru oleh orang Inggris dan mempopulerkan hingga menyebar ke seluruh dunia.

3. Mengundur Hari Anak Tak Bersalah
Di Spanyol, awalnya mereka merayakan April Mop setiap tanggal 28 Desember yang disebut dengan Dia de los Santos Inocentes (Hari Anak Tak Bersalah). Pemerintah Spanyol mengeluarkan Undang-Undang baru yang isinya 28 Desember 1978 diundurkan satu hari supaya tidak dijadikan bahan tertawaan publik.

4. Raja Satu Hari Menetapkan Hari Kemustahilan
Versi berbeda, menurut Joseph Boskin seorang profesor dari Boston University mengatakan, ide April Mop dicetuskan oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada saat kepemimpinan Raja Constantin I pada abad ke-3 hingga 4 Masehi. Para pelawak menginginkan kepada raja untuk menjadikan pelawak raja satu hari. Raja mengabulkannya dan Jeter diangkat menjadi raja. Jeter menetapkan 1 April sebagai Hari Kemustahilan.

Nah itulah Sob beberapa versi sejarah April Mop yang semuanya merupakan budaya barat. Untuk Sobat Kepooo yang ingin merayakannya, Mimin saranin jangan terlalu berlebihan ya. Karena tentunya sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Yang ada, hubungan dan persahabatan Sobat sama orang yang dikerjain, menipu atau subjek lelucon itu jadi selek. Pasti gak mau kan, Sob? hehe.. Yang wajar-wajar saja merayakannya ya.. (SB)

picture source: historytoday

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe