Kepoooin Nih

Friday, April 21, 2017

5 Figur Kartini Masa Kini Yang Membawa Semangat Emansipasi

Halo Sobat Kepooo, siapa di antara kalian yang masih inget momen apa yang diperingati tiap tanggal 21 April? Yup betul, Hari Kartini. Kartini adalah sosok perempuan pemberani yang tidak gentar menyuarakan suaranya agar kaum perempuan mendapat status yang sejajar dengan laki-laki di masa itu terutama dalam bidang pendidikan, bahasa kerennya sih Emansipasi. Banyak hal yang bisa dilakukan para perempuan dari generasi milenial ini untuk tetap memperingati betapa besar jasa Kartini di masa lalu, misalnya dengan ikut Pawai Kartinian di tempatnya masih-masing atau pakai kebaya saat beraktivitas di Hari Kartini (kayanya ini agak susah buat dilakukan ya..) dan masih banyak lagi.

Yang jelas bagaimanapun cara kita memperingati Hari Kartini ada satu hal yang gak boleh kita lupa, terutama untuk para Sobat Kepooo yang cewek nih. Semangat Emansipasi dalam diri kalian jangan sampai hilang seiring perkembangan zaman ya, harus tetap berpanutan pada Kartini yang merepresentasikan sosok perempuan Indonesia yang baik, cantik, tidak sombong, rajin menabung, kalo ada chat BBM dari cowok jangan cuma dianggurin aja dan yang terpenting gak boleh ngelawan sama kedua orang tua.

Nah untuk memperingati Hari Kartini, kali ini Mimin Kepooo mau ngangkat beberapa figur Kartini masa kini yang tentunya gak cuma cantik tapi punya semangat emansipasi juga dalam dirinya. Contohnya Ibu Susi Pudjiastuti yang hanya lulusan SMP tapi memiliki perusahaan maskapai penerbangan dan kini menjadi Menteri kelautan dan Perikanan. Wih.. hebat ya, Sob. Yuk simak 5 Figur Kartini Masa Kini Yang Membawa Semangat Emansipasi..

1. Chelsea Islan
source: bintang

Sobat Kepooo pasti udah gak asing lagi sama aktris satu ini, Chelsea Islan memulai debutnya bermain film di Refrain. Selain berbakat dalam akting ternyata Chelsea Islan mewakili semangat Kartini lho, terbukti dari terlibatnya dia dalam kampanye Breast Cancer Awareness yang digelar oleh Lovepink Indonesia untuk mengedukasi perempuan di Indonesia tentang bahaya kanker payudara serta bagaimana mendeteksinya sejak dini. Keren banget ya Chelsea udah cantik, pinter, punya semangat Kartini juga. Cewek idaman Mimin banget ini sih. hehehe..

2. Dian Sastro
source: pinterest love dian sastrowardoyo

Perempuan Indonesia berikutnya yang punya semangat Kartini adalah Mba Dian Sastro. Kayanya gak ada yang gak kenal sama mba Dian Satro deh, apalagi sejak sekuel Ada Apa Dengan Cinta 2 dirilis tahun kemaren. Meski udah berkeluarga dan punya 2 anak, cantiknya Mba Dian Sastro gak berubah lho. Semangat Kartini Mba Dian ada lewat kepeduliannya pada dunia pendidikan, dia bahkan punya foundation yang memberikan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestas. Dan yang paling bikin kagum adalah dana pengelolaannya berasal dari penghasilan pribadi mba Dian sendiri.

3. Nadine Chandrawinata
source: liputan6

Mantan Puteri Indonesia tahun 2005 yang punya hobi travelling dan mengeksplorasi keindahan alam ini juga punya semangat Kartini, Sob. Nadine menyalurkan semangat Kartininya dengan menjadi Sea Soldiers alias Pejuang Lautan. Gerakan Pejuang Lautan yang Nadine ikuti ini mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli serta memelihara ekosistem laut. Keren ya sob, Sama lingkungan aja Nadine peduli, kebayang kan seberapa besar rasa peduli Nadine sama pacarnya. hehehe..

4.  Nadine Alexandra
source: BOSF

Di nomor 4 ada Nadine Alexandra. Sama-sama punya nama Nadine dan sama-sama jebolan ajang Puteri Indonesia membuat Nadine Alexandra mengikuti jejak Nadine Chandrawinata sebagai aktivis. Bedanya Nadine Alexandra lebih berfokus pada kepeduliannya terhadap populasi Orang Utan. Semangat Kartininya ia salurkan dengan mengedukasi masyarakat tentang Orang Utan bahwa Orang Utan adalah satwa liar yang dilindungi, menjaga populasinya bisa dengan berbagai cara salah satunya adalah menjaga hutan yang menjadi habitat mereka. Uuuuhh, mimin jadi pengen dilindungin juga sama Nadine Alexandra, biar kata harus nyamar kaya Orang Utan dulu juga dijabanin dah. hahaha..

5. Alexandra Asmasoebrata
source: esquire

Terakhir ada Alexandra Asmasoebrata, cewek kelahiran Jakarta tahun 1988 ini menyalurkan semangat Kartininya di dunia balap gokart sebagai pembalap kelas 125 cc. Karir balapnya bahkan sampai pada ajang setingkat ASEAN, sebagai satu-satunya pembalap perempuan dari Indonesia ia berhasil mencatatkan diri di ajang Formula pada tahun 2007 lewat kualifikasi Formula BMW Scholarship. Di momen Kartini 2007 lalu pula ia menerima penghargaan MURI sebagai pembalap perempuan Indonesia. Sekarang Alexandra menjadi news anchor salah satu stasiun TV swasta. Gokil pencapaian dalam karirnya ya, Sob.

Itu tadi adalah 5 Figur Kartini Masa Kini Yang Membawa Semangat Emansipasi dari Mimin Kepooo, Kalo Sobat punya figur Kartini yang jadi favorit gak? Share di kolom komen ya.. (WF)

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe