Kepoooin Nih

Tuesday, April 25, 2017

4 Cara Menerapkan Ilmu Kuliah Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sobat Kepooo, diantara kalian ada yang kuliah di jurusan ekonomi? Mungkin alasan kalian milih masuk jurusan ekonomi salah satunya adalah karena ilmu yang didapet dari perkuliahan bisa gampang kalian terapin di kehidupan sehari-hari tanpa harus nunggu wisuda dulu. Nah, kali ini Mimin mau share beberapa penerapan ilmu kuliah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Simak ya..

1. Mengontrol Pengeluaran Bulanan
Sobat Kepooo yang masih kuliah dan harus ngekost pasti pernah ngalamin kesulitan meminimalisir budget yang keluar untuk keperluan bulanan kan? Walaupun sebenernya kebutuhan hidup anak kost buat sebulan gak begitu banyak, tapi kalo gak bisa dikontrol pasti bakal bikin kantong jebol juga Sob. Beruntung buat kalian yang belajar ilmu manajemen di perkuliahan kampus, karena kalian bisa terapin apa yang kalian dapet di perkuliahan ke kehidupan kost kalian. Mulai dari me-manage sendiri uang yang dipake buat jajan, nongkrong-nongkrong atau kencan sama doi dan bikin skala prioritas dengan membuang kebutuhan-kebutuhan yang gak penting kaya beli sabun batang tiap malam minggu, mi-sal-kan.. hehehe..

2. Memperhitungkan Peluang Usaha
Beberapa dari Sobat Kepooo yang mulai berpikir buat punya bisnis atau usaha sendiri sejak masih kuliah, gak akan terlalu sulit buat diwujudkan kalo kalian belajar ilmu bisnis. Selebihnya sih tinggal gimana niat kalian untuk terapin teori-teorinya di bisnis atau usaha yang mau kalian rintis. Saran Mimin untuk lo Sob, jangan pernah jadiin hal-hal aneh buat bisnis seperti jual koleksi foto-foto mantan atau sewa jasa kencan buat nemenin jalan di malem minggu contohnya. Kalo mau bisnis mending coba frenchise Ayam Bakar Madu Priangan aja deh, atau bisnis lain, terus pasang iklannya di kepooo.id Sob.. hehehe.. iklan dikit gapapa ya.

3. Merencanakan Tabungan
Sobat gak perlu nunggu punya penghasilan tetap biar bisa nabung kalo Sobat berhasil terapin ilmu manajemen keuangan untuk mengelola keuangan yang Sobat punya. Teori-teori dalam manajemen gak cuma bisa dipakai buat kontrol pengeluaran bulanan Sob, tapi bisa juga buat merencanakan tabungan untuk masa depan. Jadi daripada habis untuk hal-hal gak penting mending sisa uang yang terpakai untuk memenuhi kebutuhan bulanan Sobat, dimanage aja untuk masuk tabungan. Gak harus banyak ko Sob yang penting konsisten kan lumayan buat modal ngelamar doi..

4. Menjauhkan Diri dari Kebangkrutan
Bukan cuma perusahaan lho yang punya potensi bangkrut, keuangan Sobat juga bisa jadi mengalami kebangkrutan kalo Sobat gagal menghindari resiko-resiko yang jadi penyebab kebangkrutan tersebut. Di sinilah ilmu manajemen resiko yang udah Sobat pelajari bakal berperan membantu Sobat menghindari segala macam resiko dalam mengelola keuangan. Kalo menurut pengalaman Mimin, resiko yang paling besar potensinya untuk bikin bangkrut adalah kencan. Karena tiap jalan sama doi pasti selalu kita yang dituntut untuk bayar semuanya, doi sih enak tinggal tunjuk sama tinggal minta lah kita kan harus puasa berminggu-minggu dulu biar punya budget untuk ngedate..

Nah, itu tadi 4 cara menerapkan ilmu kuliah ekonomi yang bisa mimin share. Kalo kalian punya cara sendiri bisa kalian share juga di kolom komen ya.. (WF)

picture source: makassar today

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe