Kepoooin Nih

Wednesday, March 22, 2017

Kamu Penggemar Seri Game Of Throne? Simak 5 Fakta Unik Soal Iron Throne

Sobat Kepooo pasti udah pada tau Game Of Throne kan? Kalo ada Sobat Kepooo yang belum tau dan mau tau, nih Mimin kasih tau sedikit soal Game Of Throne.

Game Of Throne adalah sebuah Seri TV Amerika bergenre Drama Fantasi yang ditulis oleh David Benioff dan D. B. Weiss. Ceritanya diadaptasi dari seri novel A Song Of Ice And Fire karya George R. R. Martin. Seri perdananya ditayangkan oleh HBO di USA pada 17 April 2011 dan menghabiskan musim ke-6 nya pada 26 Juni 2016. Berlatar belakang cerita di Benua Westeros dan Essos, seri ini menceritakan tentang konflik antar dinasti yang saling berebut dan menuntut pelengseran petahana Iron Throne penguasa 7 kerajaan sekaligus untuk mempertahankan kehormatan House masing-masing

Kira-kira begitulah sedikit gambarannya. Eiiiittsss tapi di postingan kali ini mimin gak bahas soal Seri Game Of Throne nya, tapi Mimin bakal sedikit bahas tentang si “Singgasana Besi”. Yup, kali ini Mimin mau sedikit bahas soal Iron Throne.

Iron Throne adalah simbol dari takhta tertinggi di Tujuh Kerajaan. Letaknya ada di Aula Besar Red Keep di Kota King’s Landing yang merupakan ibu kota dan pusat dari ke-Tujuh Kerajaan.
Namun tau kah Sobat Kepooo 5 fakta unik di balik Singgasana Besi tersebut?
Berikut ulasannya untuk para Sobat Kepooo tercinta.

1. Bahan Pembuatnya Adalah Pedang
Secara fisik, Iron Throne tampak bagai susunan pedang yang dibentuk menjadi tempat duduk raja yang konon dibuat dari 1000 pedang musuh yang dikalahkan Aegon Targaryen di Perang Penaklukan atau War Of Conquest. Tetapi fakta tentang jumlah aktual yang diketahui di Seri TVnya adalah tidak lebih dari 200 pedang. Fakta tersebut diungkap Petyr Baelish saat berbincang dengan Varys di Ruang Takhta. Menurutnya, pemalsuan jumlah pedang yang tertanam di Singgasana Besi hanya untuk melebih-lebihkan Kisah legendaris di baliknya yang merupakan propaganda kerajaan demi pengagungan pada raja dan dinastinya.

2. Sangat Tidak Nyaman Diduduki
Iron Throne sangat tidak nyaman untuk diduduki sebab pedang-pedang yang terpancang keluar seringkali melukai orang yang duduk di atasnya. Bahkan Raja Aerys II mendapat julukan Raja Keropeng karena terdapat banyak luka di tubuhnya akibat duduk di atas Singgasana Besi tersebut. Namu meski begitu, Singgasana Besi tetaplah menjadi warisan agung yang ditinggalkan Aegon untuk para keturunannya, dengan terselip pesan bahwa tidak sembarang penguasa bisa duduk di atasnya dan memerintah dengan seenaknya.

3. Representasi yang Beda dengan Novel
Representasi ukuran yang dijelaskan dalam novel berbeda dengan Seri TVnya. Iron Throne yang dijelaskan George R. R. Martin dalam Novel memiliki skala yang sama seperti Basilica Gereja St. Peters di Vatikan, dimana jarak menuju bagian raja duduk memiliki tinggi 40 kaki. Tapi karena ukurannya yang terlalu besar untuk difilmkan, maka set dan ukurannya di ruang takhta disesuaikan seperti yang sudah dimunculkan di Seri TVnya.

4. Tidak Boleh Diduduki Sembarangan Orang
Hanya Hand Of The King yang diperbolehkan duduk diatas Iron Throne. Tidak sembarang orang boleh menduduki Iron Throne selain raja, hanya tangan kanan raja yang diperbolehkan mendudukinya. Tangan kanan raja memiliki otoritas sebagai raja selama ia duduk di Iron Throne, secara metonimia otoritas tersebut berfungsi untuk menjalankan dan mengawasi sistem monarki yang mengatur Tujuh Kerajaan serta mengantisipasi adanya gerakan memberontak terhadap raja dan dinastinya.

Baca Juga Beberapa Senjata Mematikan dalam Seri TV Game Of Thrones
Pasukan yang Paling Sulit Dikalahkan dalam Game Of Thrones

5. Keberadaannya Diselimuti Perang Besar

Beberapa perang tercetus sejak sebelum dan setelah keberadaan Iron Throne, diantaranya:

War Of Conquest atau Perang Penaklukan
Perang Penaklukan dipelopori oleh Aegon Targaryen dalam rangka menaklukan seluruh benua dan 6 Kerajaan besar di Westeros untuk kemudian disatukan di bawah kekuasaan Dinasti Targaryen. Ke-6 Kerajaan berhasil ditaklukan oleh Aegon, beberapa lewat pertempuran dan beberapa lainnya lewat mediasi. Dorne bergabung setelahnya menjadi Kerajaan ke-7 sebagai aliansi lewat pernikahan. Saat penaklukannya berakhir, Aegon kemudian mengumpulkan semua pedang musuh yang ia kalahkan dalam pertempuran. Dengan bantuan dari nafas api Balerion, semua pedang tersebut dilelehkan dan dibentuk kembali menyerupai singgasana yang sekarang dikenal dengan sebutan Iron Throne. Di atas Iron Throne itulah Aegon mengklaim diri sebagai raja serta mengawali era Targaryen di King’s Landing.

War Of Usurper atau Perang Perebutan
Perang ini disebut juga sebagai pemberontakan dari Robert Baratheon terhadap Dinasti Targaryen. Melibatkan beberapa Aliansi House besar di Westeros. Berlangsung selama satu tahun, dua tahun bila dihitung dengan pembantaian di Dragonstone. Dalam seri A Song Of Ice And Fire dijelaskan bahwa perang perebutan dipicu oleh penculikan yang dilakukan Prince Rhaegar Targaryen terhadap Lyanna Stark. Mengetahui perbuatan Prince Rhaegar tersebut ayah Lyanna, Rickard Stark dan saudara tertuanya, Brandon Stark melaporkannya pada King Aerys II namun King Aerys II yang dijuluki Mad King justu menjatuhi keduanya hukuman mati yang diperlihatkan di depan publik kerajaan. Kemudian King Aerys II memberi titah untuk membawa kepala dari calon suami Lyanna, Robert dan juga saudara laki-lakinya, Eddard. Mereka berdua berada di bawah perlindungan Jon Arryn. Mendengar kabar tersebut, Jon Arryn pun mengangkat Bendera untuk memberontak serta memerintahkan Robert dan Eddard mengumpulkan pasukan. Akhir dari perang perebutan ditandai dengan runtuhnya Era Targaryen, terbunuhnya Prince Rhaegar oleh Robert dan Mad King Aerys oleh Hand Of The King nya sendiri.

War Of Five King’s atau Perang Lima Raja
Perang Lima Raja dimulai saat berlangsungnya Dinasti Baratheon sejak dimulainya Seri TV Game Of Throne sampai pada akhir Season 6 dimana bagian akhirnya memperlihatkan Cercei Lannister dianugerahi mahkota raja di atas Iron Throne.

Sobat Kepooo yang penasaran sama kelanjutan dari War Of Five King's atau Perang Lima Raja harus sedikit sabar nungguin Season 7 dari seri Game Of Throne yang kabarnya bakal rilis bulan Juli tahun ini. Mimin juga penasaran nih, soalnya ini menarik untuk ditunggu banget Sob (WF)

picture source: hbo

No comments:

Post a Comment

Komen di sini yuk, Sob..

KEPOOO.ID

Situsnya anak muda yang memiliki tagline Yang Muda Yang Harus Tau. Mimin bakal nemenin Sobat semua setiap harinya dengan artikel, video dan konten lainnya khas anak muda kekinian yang pastinya ap-tu-det dan ngeHITZ bingits..

Like Facebook

Subscribe